SOLOPOS.COM - Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melaju ke Semifinal BWF World Tour Finals 2023 di Hangzhou, China, Sabtu (16/12/2023). (Ist/PBSI)

Solopos.com, HANGZHOU — Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tetap melaju ke babak semifinal BWF World Tour Finals (WTF) 2023 di Hangzhou, China kendati pada Jumat (15/12/2023) hari ini kalah dari Juara Dunia 2023 Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae pada babak ketiga fase grup.

Fajar/Rian kalah melalui rubber game 20-22, 21-17, 12-21. Pasangan ganda putra Indonesia ini melaju ke babak semifinal, Sabtu (16/12/2023), berkat dua kemenangan sebelumnya.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Fajar/Rian dan Kang/Seo kemungkinan akan bertemu dengan dua wakil tuan rumah di semifinal BWF World Tour Finals 2023, yakni Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi dan Liang Wei Keng/Wang Chang yang memimpin klasemen grup A.

Fajar seperti dikutip dari laman PBSI belajar banyak dari kekalahannya hari ini sebagai bekal ke semifinal.

“Besok di semifinal harus lebih fokus lagi. Kami harus memperhatikan dan menjaga stamina karena lumayan terkuras di tiga pertandingan ini. Lawan siapapun besok kami harus siap,” kata Fajar.

Pelajaran yang ia ambil dari kekalahan hari ini adalah car amengontrol emosi demi bisa tampil lepas dan tidak kehilangan fokus serta momentum.

“Di gim pertama, setelah unggul 20-16 tapi tidak bisa menyelesaikan pertandingan karena kami terlalu terburu-buru. Malah banyak mati sendiri sementara Kang/Seo bermain lebih safe,” kata Fajar.

“Kami coba fokus terus di gim kedua, tidak terlalu memikirkan apa yang terjadi di gim pertama. Walaupun poinnya mepet-mepet tapi kami terus berusaha bagaimana menerapkan pola yang konsisten dari satu poin ke poin berikutnya,” ujar Rian.

Namun pasangan peringkat lima dunia itu mengakui bahwa wakil Korea Selatan mampu bermain lebih sabar sehingga pada akhirnya memegang kontrol permainan di gim pamungkas.

“Di gim ketiga mereka lebih rapat, sulit dimatikan dan beberapa kali bola tanggung berhasil dikembalikan. Itu membuat kami cukup kesulitan,” kata Fajar.

Sementara itu, hari ini dua tunggal putra Indonesia yakni Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie masih akan memperjuangkan slot menuju empat besar.

Ginting akan bertemu dengan Viktor Axelsen (Denmark) di babak ketiga fase grup A, sementara Jonatan akan berhadapan dengan Li Shi Feng (China).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya