SOLOPOS.COM - Penyerang sayap Bhayangkara FC Witan Sulaeman menjadi satu-satunya pencetak gol dalam kemenangan Timnas U-23 atas UEA di Dubai, Selasa (9/4/2024) dini hari WIB. (IG @timnas.indonesia)

Solopos.com, JAKARTA — Timnas Indonesia U-23 mengalahkan Uni Emirat Arab dengan skor 1-0 pada laga uji coba kedua Merah Putih di Stadion Shabab Al Ahli, Dubai, Selasa (9/4) dini hari WIB.

Dikutip dari Instagram @timnas.indonesia, gol kemenangan Tim Garuda dicetak Witan Sulaeman.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

“Waktu penuh. Uni Arab Emirat U-23 0-1 Indonesia U-23. Menutup pemusatan latihan dengan kemenangan,” tulis laman tersebut seperti dikutip Solopos.com.

Seperti diprediksi, pelatih Shin Tae-yong menurunkan Marselino Ferdinan yang baru datang dari Belgia.

Sebelumnya, Rizky Ridho dkk. kalah dalam laga uji coba perdana di tempat yang sama melawan juara bertahan Piala Asia U-23, Arab Saudi, Jumat (5/4/2024).

Berbeda dengan saat melawan Arab Saudi, Pelatih Shin Tae-yong, kali ini lebih serius saat menurunkan skuad.

STY menyebut menurunkan starting line up utama yang akan sama dengan saat melawan Qatar dan Yordania di Piala Asia U-23 mendatang.

“Untuk uji coba berikutnya lawan Uni Emirat Arab, akan dimainkan untuk pemain inti dulu, untuk mengantisipasi permainan lawan Qatar nanti tanggal 15 (April). Pastinya tim inti akan dimainkan lebih banyak. Selain tim inti akan ada kesempatan lagi bagi pemain lain,” tegasnya dikutip dari laman resmi PSSI.

Pelajaran berharga dipetik Garuda Asia saat ditumbangkan Arab Saudi di laga uji coba dengan skor 1-3 pada Jumat (5/4/2024) lalu.

Pelatih Shin Tae-yong tidak mempermasalahkan kekalahan tersebut.

Baginya, uji coba yang digelar adalah untuk melihat kondisi pemain Timnas Indonesia U-23 saat pemusatan latihan.

“Pastinya belum puas. Tetapi dengan pergantian pemain, hampir semua dimainkan di babak pertama dan kedua untuk cek kondisi para pemain serta secara isi pertandingan tidak terlalu jelek,” tambah mantan pelatih Timnas Korea Selatan ini.

Shin menambahkan pada laga uji coba ini dirinya hanya cek kondisi para pemain saja, apalagi ada pergantian semua pemain.

Bagi Timnas Indonesia U-23, ini adalah kali pertama berpartisipasi di Piala Asia U-23.

Lolos sebagai juara Grup K di kualifikasi, Garuda Muda tergabung bersama tuan rumah Qatar, Yordania dan Australia di Grup A. Lawan-lawan yang sangat kuat di Asia.

Qatar adalah menempati posisi ketiga Piala Asia U-23 tahun 2018, Australia meraih posisi yang sama pada 2020, sedangkan Yordania pada Piala Asia U-23 2013.

Jika Timnas Indonesia U-23 ingin lolos dari Grup A, minimal harus menjadi peringkat kedua, karena tidak ada opsi menjadi peringkat tiga terbaik seperti di Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia U-23 sangat serius menuju Piala Asia U-23 tahun ini. Ambisi ini tidak lepas dari peluang lolos ke Olimpiade Paris 2024 yang akan digelar pertengahan tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya