SOLOPOS.COM - Pesepak Bola Persis Solo M. Ramadhan Sananta (kanan) berusaha melewati pesepak bola Dewa United FC Asep Berlian (kiri) saat pertandingan BRI Liga I di Stadion Manahan Solo, Minggu (17/12/2023). Dewa United FC menang atas Persis Solo dengan skor 2-1. (Solopos/Joseph Howi Widodo).

Solopos.com, SOLO — Kekalahan Arema FC dari tuan rumah Barito Putera 0-1, Minggu (18/12/2023), sedikit banyak menguntungkan Persis Solo.

Pasalnya, Arema FC yang berada di zona degradasi gagal menipiskan jarak poin dari Persis Solo yang juga kalah dari tamunya, Dewa United 1-2.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Arema FC berada di peringkat 16 dengan poin 21 hasil dari 23 laga sedangkan Persis Solo memiliki poin 25 hasil dari 22 laga.

Kekalahan Arema FC membuat Persis yang sehari sebelumnya didemo ratusan suporter karena hasil buruk dalam lima laga terakhir sedikit bernapas lega.

Setidaknya, Laskar Sambernyawa bisa berbenah dalam libur panjang kompetisi Liga 1 hingga Februari 2024 mendatang karena berbarengan dengan Piala Asia 2023.

Sebelumnya diberitakan, Persis Solo harus mengakui keunggulan Dewa United dengan skor 1-2 dalam lanjutan Liga 1 2023 yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Minggu (17/12/2023) sore.

Gol dari Persis Solo dicetak oleh Ramadhan Sananta di detik ke-53, sedangkan gol dari Dewa United dicetak oleh gelandang enerjik, Ricky Kambuaya di menit ke-18 dan Egy Maulana Vikri di menit ke-74.

Dengan hasil ini, posisi Persis Solo tidak berubah di klasemen, terpaku di peringkat 15 dengan 25 poin dari 22 laga.

Laskar Sambernyawa juga memperpanjang rekor buruk hanya satu kali menang dalam tujuh pertandingan terakhir dan tertahan.

Catatan ini membuat tim asuhan Leonardo Medina hanya berjarak empat poin dari zona degradasi.

Sedangkan Dewa United, berhasil memperpanjang rekor positif tidak pernah kalah dari Persis Solo dalam lima pertandingan terakhir, sekaligus mengeser PSM Makassar di posisi ke-10 klasemen.

Jalannya pertandingan

Persis Solo unggul hanya dalam hitungan detik laga berjalan. Eksekusi jarak dekat Ramadhan Sananta gagal diantisipasi dengan baik oleh kiper Dewa United, Sonny Stevens saat laga baru berjalan 53 detik.

Skor berubah menjadi 1-0.

Seolah mendapatkan momentum, Laskar Sambernyawa bermain menekan pertahanan tim tamu.

Teriknya Stadion Manahan tidak menjadi halangan. Terbukti Sananta kembali mendapatkan peluang emas di depan gawang Dewa United namun sayang sontekannya masih melebar.

Pemain anyar Persis Solo, Sho Yamamoto tidak mau kalah namun tendangannya masih membentur pemain belakang Dewa United.

Terlalu asyik menyerang, lini pertahanan Persis Solo mendapatkan alarm bahaya memasuki menit ke-15.
Sepakan jarak dekat Ahmad Nufiandani mampu mengarah tepat ke pojok kanan atas gawang, beruntung masih bisa diamankan M. Riyandi.

Persis Solo akhirnya kebobolan di menit ke-18. Bermula dari akselerasi Robi Darwis di sisi kanan, umpan tariknya dengan tenang mampu dikonversi menjadi gol oleh Ricky Kambuaya yang berdiri bebas.

Skor berubah menjadi 1-1.

Berhasil menyamakan kedudukan, Dewa United mendapatkan angin untuk terus menekan pertahanan tim tuan rumah.

Serangan balik Dewa United melalui Egy Maulana nyaris membuat tim tamu berbalik unggul, beruntung eksekusinya gagal menemui sasaran.

Dewa United kembali mengancam, kali ini melalui sepakan jarak dekat Robi Darwis yang masih bisa ditepis oleh M. Riyandi.

Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Persis Solo berupaya untuk bisa memenangkan pertandingan dengan memanfaatkan kecepatan Sho Yamamoto dan Ramadhan Sananta di lini depan.

Ramadhan Sananta punya peluang emas untuk bisa membuat tim tuan rumah unggul ketika Sonny Stevens melakukan blunder.

Bola yang jatuh ke kaki Sananta, gagal dikonversi menjadi gol setelah sang kiper menebus kesalahannya.
Bola rebound juga gagal dimanfaatkan oleh David Gonzales.

Persis Solo terus menekan pertahan tim tamu tapi  masih belum bisa menciptakan peluang emas di depan mulut gawang Dewa United.

Justru tim tamu Dewa United yang berhasil mencetak gol.

Bermula dari lemparan ke dalam Alta Ballah, bola yang diterima pemain pengganti Dimitrios Kolovos, diteruskan dengan apik ke depan gawang M. Riyandi.

Egy Maulana Vikri yang berdiri bebas, sukses menceploskan bola ke gawang yang kosong di menit ke-74.
Skor berubah menjadi 1-2.

Tidak ingin malu di kandang sendiri, Persis Solo berulang kali mengancam melalui sepakan Ramadhan Sananta dan Arapenta Poerba, namun kecemerlangan Sonny Stevens berhasil menggagalkan peluang tim tuan rumah.

Tensi memanas jelang akhir pertandingan, memaksa wasit mengeluarkan enam kartu kuning. Tapi, skor 1-2 tidak berubah hingga akhir laga.

Susunan Pemain

Persis Solo (4-2-3-1)

Muhammad Riyandi; Chrystna Bhagascara, Rian Miziar, Diego Bardanca, Faqih Maulana; Sutanto Tan, Taufiq Febrianto, Alexis Messidoro; Sho Yamamoto, David Gonzales, Ramadhan Sananta

Pelatih: Tithan Suryata

Dewa United (4-3-3)

Sonny Stevens; Alta Ballah, Risto Mitrevski, Moch Zaenuri, Ady Setiawan; Asep Berlian, Ricky Kambuaya, Robi Darwis; Ahmad Nufiandani, Egy Maulana, Septian Bagaskara

Pelatih: Jan Olde Riekerink

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya