SOLOPOS.COM - Narasumber dan anggota panpel berfoto bersama setelah Konferensi pers FISIP UI Badminton Open 2023, Kamis (17/11/2023). (Antara/Feru Lantara)

Solopos.com, DEPOK – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) menggelar turnamen bulu tangkis bertajuk FISIP UI Open Badminton Championship 2023 dengan hadiah total Rp180 juta.

Turnamen ini akan dilaksanakan pada 21 – 26 November 2023 di Balairung Universitas Indonesia, sebagai tempat pertandingan karena memiliki nilai simbolis dan penting dalam sejarah UI.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Dekan FISIP UI, Semiarto Aji Purwanto, di Kampus UI Depok, Kamis (17/11/2023), mengatakan FISIP UI Open adalah inisiatif dari fakultas yang sudah terlaksana sejak beberapa waktu yang lalu dan dihidupkan kembali.

Dia menyatakan bulu tangkis dipilih karena merupakan salah satu olahraga yang dominan dan popular di negeri ini. Tidak hanya itu, bulu tangkis adalah salah satu cabang olah raga yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Turnamen ini merupakan upaya FISIP UI dalam mengembangkan olahraga bulu tangkis yang menjadi kebanggaan bersama masyarakat Indonesia, untuk mencari bibit-bibit unggul.

“Melalui kegiatan olahraga semacam ini, kami ingin menunjukkan dan menyatukan langkah, sehingga di masa depan olahraga bisa menjadi bagian dari kebudayaan, keseharian dan gaya hidup,” jelas Dekan FISIP UI.

Tak kalah penting, penyelenggaraan turnamen ini akan menambah ragam kompetisi olahraga bulu tangkis di Tanah Air.

Sehingga, menambah kesempatan bagi para pelajar mengasah bakatnya untuk menjadi atlet bulu tangkis. FISIP UI Open berkolaborasi dengan PBSI menjadi ajang pencarian bakat atlet-atlet bulu tangkis yang potensial sekaligus untuk menciptakan jalur pengembangan yang berkelanjutan bagi atlet muda.

Sementara itu, Ketua Umum PBSI Agung Firman,, mengatakan bahwa partisipasi dalam turnamen FISIP UI Open 2023 sangat penting bagi pembibitan atlet pelajar, karena memberikan platform yang sangat baik untuk mengasah keterampilan dan bakat mereka dalam cabang olahraga bulu tangkis.

“Melalui kompetisi ini, para peserta memiliki kesempatan untuk berkompetisi secara sehat, memperluas jaringan sosial, dan mengembangkan semangat sportivitas,” katanya.

Selain itu, pengalaman berkompetisi di tingkat perguruan tinggi dapat menjadi batu loncatan yang signifikan bagi mereka yang bercita-cita menjadi atlet profesional, membuka peluang untuk mendapatkan perhatian dari pencari bakat dan membangun prestasi yang membanggakan.

Dengan ikut serta dalam turnamen ini, para atlet pelajar dan mahasiswa dapat membuktikan kemampuan dan potensi mereka, serta merasakan manfaat positif yang dapat membentuk karakter dan masa depan mereka dalam dunia olahraga.

Senada dengan hal tersebut, Luluk Hadiyanto, pemain bulu tangkis nasional, mengatakan integrasi pendidikan dan olahraga merupakan hal yang sangat penting dalam pengembangan olahraga bulu tangkis di usia muda.

Untuk menjamin kelancaran jalannya turnamen, panitia telah melakukan persiapan dengan sangat serius, termasuk dalam mengantisipasi masuknya angin liar ke dalam Balairung yang berpotensi mengganggu jalannya pertandingan.

“Upaya yang kami lakukan untuk mengantisipasi hal tersebut dilakukan dengan standar yang telah ditetapkan oleh PBSI.” ujar Ketua Panitia Pelaksana FISIP UI Open 2023, Ravinoldy Boer.

Kegiatan FISIP UI Open ini juga sesuai dengan visi dan misi dari FISIP UI untuk menjadi kampus yang unggul di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di tingkat nasional maupun internasional.

Hal tersebut tidak akan tercapai jika tidak mengembangkan kegiatan-kegiatan lainnya seperti olahraga untuk Civitas Akademika (mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan) di fakultas, karena jika tubuh sehat maka kreativitas dan semangat bekerja akan menjadi lebih baik.

Selain mempertandingkan pelajar dan mahasiswa, tahun ini FISIP UI Open 2023 membuka kategori Civitas Akademika UI yaitu kesempatan untuk para dosen dan tenaga kependidikan di Universitas Indonesia untuk bertanding di lapangan, memperlihatkan kemampuannya dalam bermain bulu tangkis.

Untuk meramaikan FISIP UI Open 2023, panitia juga mengadakan kegiatan bazaar yang diikuti oleh berbagai tenant yang menjual aneka makanan, minuman dan aneka produk lokal.

FISIP UI Open merupakan wujud pengabdian FISIP UI dalam memajukan olah raga bulu tangkis di Tanah Air dengan tujuan utama untuk memperkuat peran olahraga dalam lingkungan akademik. Kegiatan ini menjadi penting dalam meneguhkan posisi olah raga untuk menunjang perkembangan akademik. FISIP UI Open tahun ini merefleksikan tagline Muda Beda, Berolahraga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya