SOLOPOS.COM - Forward Kesatria Bengawan Solo, Kentrell Barklet melewati hadangan pemain Satria Muda Pertamina Jakarta dalam lanjutan IBL 2023 di GOR Pertamina Arena Simprug. Minggu (21/4/2024) (IST/Kesatria Bengawan Solo)

Solopos.com, JAKARTA — Kesatria Bengawan Solo (KBS) tampil perkasa saat mengalahkan tuan rumah Satria Muda Pertamina dengan skor 69-66 dalam lanjutan Indonesian Basketball League (IBL) 2023 di GOR Pertamina Arena, Simprug, Jakarta, Minggu (21/4/2024).

Kemenangan ini melanjutkan tren positif selama di Jakarta setelah sebelumnya, KBS juga berhasil menang atas Amartha Hangtuah.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Meski begitu, laga ini tak mudah bagi KBS meskipun sempat unggul delapn poin di kuarter pertama.

Satria Muda kemudian dominan memasuki kuarter kedua dengan berbalik unggul 38-36.

Meski begitu, memasuki kuarter ketiga dan keempat, Satria Muda tidak punya jawaban dari permainan cepat KBS dan menyerah dengan skor 69-66.

Pertahanan disiplin di paint area dan perimeter KBS menjadi kunci, memaksa Satria Muda Pertamina hanya mencatatkan 35 persen field goal (FG).

Selain itu, lemparan gratis yang menjadi masalah Satria Muda Pertamina di laga sebelumnya saat dihajar Satya Wacana Salatiga kembali terjadi dengan hanya memasukkan enam dari 15 percobaan.

Sedangkan KBS di bawah asuhan Efri Meldi lebih baik dalam mengonversi tembakan dua angka dengan 59 persen sukses.

Selain itu, lemparan gratis KBS juga lebih baik dengan memasukkan 16 kali dari 29 kali percobaan.

Satu-satunya catatan bagi KBS adalah efektifitas tembakan tiga angka KBS yang hanya 17 persen di pertandingan ini.

Di laga ini, pemain lokal KBS juga step-up. Meskipun Kentrell Barkley kembali gemilang dengan 18 poin, 17 rebound dan empat assist, disusul CJ Gettys dengan 16 poin, 16 rebound.

Kevin Moses, Nuke Tri Saputra dan Samuel Devin juga menyumbangkan poin. Kevin Moses mengemas 16 poin dan satu assist, Nuke dengan tujuh poin dan Samuel Devin, empat poin.

“Saya rasa kunci kemenangan ini adalah mental anak-anak ya. Pemain benar-benar menunjukkan mental untuk menang,” kata pelatih Efri Meldi seusai pertandingan.

Bicara soal mental, Kevin Moses juga mengungkapkan hal serupa. Menurutnya, seluruh pemain menang untuk membawa nama Kota Solo,

“Ketika berhadapan dengan Satria Muda, kami hanya lebih percaya diri. Karena kami tahu, mereka bulan lawan yang mudah untuk ditaklukkan,” tegas Kevin Moses.

Di kubu Satria Muda Pertamina, Satu-satunya pemain asing di laga ini, Mike Henry dengan 20 poin, 10 rebound dan tiga assist.

Widyanta Putra Teja menyusul dengan 11 poin, dua rebound dan tiga assist, Abraham Damar Grahita dengan 9 poin, lima rebound dan tiga assist.

Dengan hasil ini, KBS merangsek ke posisi enam dengan 19 poin, hasil 9 menang dan satu kali kalah dalam 10 laga.

Sedangkan Satria Muda sementara ini tetap berada di puncak klasemen dengan 21 poin, dari 8 kali menang dan lima kali kalah.

Selepas ini, KBS akan menghadapi Amartha Hangtuah, Jumat (3/5/2024) dan Bali United sehari setelahnya di Sritex Arena.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya