SOLOPOS.COM - Penyerang timnas U-17 yang juga pemain Persis Solo Arkhan Kaka (kiri) bersama rekan-rekannya berlatih di Jerman, Selasa (19/9/2023). Latihan bagian dari pemusatan latihan (TC) itu dilaksanakan sebagai persiapan menghadapi Piala Dunia U-27 2023 Indonesia. (Istimewa/PSSI).

Solopos.com, SOLO – Striker Persis Solo, Arkhan Kaka Purwanto, semakin matang saat menjalani pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-17 di Jerman. Arkhan Kaka yang menjadi satu-satunya pemain Persis Solo telah siap membawa nama Garuda di Piala Dunia U-17 2023.

Timnas asuhan Bima Sakti ini telah menyelesaikan uji coba terakhirnya di Jerman. Timnas Indonesia U-17 kalah 2-3 dari klub Jerman, FC Koln U-17 dengan skor akhir 2-3, pada Jumat (20/10/2023) lalu.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Wonderkid Persis Solo Arkhan Kaka menciptakan sebuah gol di laga ini. Arkha mengungkapkan pertandingan uji coba terakhir ini berjalan ketat. Skuad Indonesia masih banyak catatan yang harus dibenahi. Apalagi kompetisi Piala Dunia U-17 2023 bakal digelar dalam waktu dekat.

“Kami mulai kesusahan di menit awal, namun kami dapat berkembang lebih baik di menit selanjutnya. Ini menjadi evaluasi bagi kita ke depan dan ini persiapan matang kita untuk Piala Dunia nanti,” kata Arkhan Kaka.

Jalannya pertandingan, Indonesia menekan sejak menit pertama. Kaka mencoba mendobrak pertahanan lawan lewat tendangannya di menit ke-2. Sayang masih melebar dari gawang lawan. Belum cukup, di menit ke-13 Kaka kembali menciptakan peluang emas lewat sundulan. Namun, kiper lawan mampu membacanya dengan baik.

Setelah itu, Indonesia justru tertinggal dua gol pada menit ke-19 dan ke-21. Namun sembilan menit kemudian, sundulan Kaka mampu memperkecil jarak antara dua kubu. Skor menjadi 1-2, usai Kaka memaksimalkan umpan lambung dari Nabil pada menit ke-30.

Setelah turun minum, Bima Sakti mencoba mengutak-atik komposisi skuadnya di lapangan. Dia melakukan rotasi sejumlah pemain. Permainan intensitas tinggi langsung diperlihatkan kedua tim.

Namun, FC Koln mampu menambah gol di menit ke-58, sehingga skor menjadi 3-1. Kembali berjarak dua gol, para penggawa langsung bereaksi cepat.

Pada menit ke-61, Indonesia mendapatkan hadiah penalti. Chow Yun Damanik sebagai eksekutor tidak menyia-nyiakan kesempatan emas itu. Indonesia memperpendek jarak menjadi 2-3.

Namun, hingga peluit panjang dibunyikan, skor tidak berubah. Indonesia harus mengakui keunggulan lawan 2-3. Mengenai sumbangan golnya, Kaka mengaku bersyukur. Hal tersebut bakal jadi motivasi ke depan baginya.

“Alhamdulillah senang bisa cetak gol, namun kurang enak karena tim kita belum dapat kemenangan. Saya bersyukur atas gol tadi, semoga gol tadi menjadi penyemangat untuk saya dan lebih bekerja keras lagi ke depannya,” papar dia dalam keterangannya.

Timnas Indonesia U-17 telah tiba di Tanah Air pada Selasa (24/10/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya