SOLOPOS.COM - Ekspresi para suporter timnas Indonesia saat menonton laga Grup A Piala Dunia U-17 2023 melawan Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (10/11/2023). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.

Solopos.com, SOLO–Klasemen sementara Grup A dan B setelah matchday 1 babak penyisihan Grup A Piala Dunia U-17, Jumat (10/11/2023).

Pencinta bola Tanah Air menyoroti Grup A yang dihuni timnas U-17 Indonesia bersama Ekuador, Panama, dan Maroko.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Pada matchday 1 fase grup ini, tuan rumah Indonesia melawan tim terkuat di Grup A, Ekuador, di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

Laga berakhir seri 1-1. Indonesia sempat memimpin 1-0 lewat gol yang dicetak penyerang Persis Solo Arkhan Kaka pada menit 22 memanfaatkan umpan datar dari Riski Afrisal.

Sayang, keunggulan tim Merah Putih hanya bertahan enam menit sebelum Ekuador mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol Allen Obando pada menit 28.

Hasil ini tak terlalu mengecewakan untuk skuad Garuda Muda. Sebab, tim asuhan Bima Sakti mendapatkan satu poin berharga untuk memenuhi target lolos ke fase grup.

Hasil imbang ini membawa Indonesia berada di urutan kedua klasemen sementara Grup A di bawah Maroko yang mengemas tiga poin seusai menaklukkan Panama dengan skor 2-0.

Sementara, Ekuador menempati peringkat ketiga dengan jumlah poin yang sama dengan Indonesia. Sedangkan, Panama menjadi juru kunci.

Pada Grup B, Mali memuncaki klasemen sementara dengan enam poin seusai menang telak 3-0 atas Uzbekistan dalam matchday 1 di Stadion Manahan Solo, Jumat.

Tiga gol kemenangan Mali dicetak oleh striker bernomor 17, Mamadou Doumbia, pada menit ke-30, 72, dan 75.

Pelatih Timnas U-17 Mali Soumaila Coulibaly menyebut secara keseluruhan pertandingan berjalan dengan baik walaupun diakuinya setelah menit ke-20 anak asuhnya sempat mengalami kesulitan saat menahan serangan Uzbekistan. 

“Gim sudah selesai, kami mengawali pertandingan dengan bagus. Untungnya kami bisa mencetak gol sehingga ini membuat permainan kembali menjadi baik dan berakhir dengan baik. Secara keseluruhan permainan oke,” ujar dia saat dijumpai wartawan setelah laga.

Pemain Mali, Salif Noah Leintu, mengatakan pada pertandingan perdana ini para pemain menjalani dengan mental yang kuat sehingga bisa memenangi laga. 

“Dengan kemenangan ini kami akan merayakannya sebentar, namun setelah itu kami harus melupakannya karena akan melawan Spanyol pada Senin, 13 November 2023,” ujar dia.

Spanyol berada di urutan kedua klasemen Grup B seusai menundukkan Kanada dengan skor 2-0.

Gol Tim Matador Muda dicetak penyerang Barcelona Marc Guiu pada menit 21 dan Quim Junyent menit 76. Kanada dan Uzbekistan yang sama-sama kalah berada di peringkat tiga dan empat tanpa poin.

Meskipun berhasil menjadi pemain terbaik, Marc Guiu mengakui laga melawan Kanada cukup sulit. Menurutnya pertahanan Kanada sangat baik.

“Pertahanan Kanada sangat bagus. Tapi, kita sekarang meraih tiga poin,” ucap Marc saat dijumpai wartawan setelah laga.

Sementara itu, pemain lainnya, Jon Martin, mengungkapkan dia bersama rekannya bermain dengan ball possesion dan pertahanan tim sangat bagus.

“Kartu merah Kanada membantu tim Spanyol untuk mencetak gol kedua dan kami bisa meraih tiga poin,” ulas Jon Martin.

Berikut klasemen sementara Grup A dan B Piala Dunia U-17 2023 setelah matchday 1:

Grup A

  • Maroko, 3 poin.
  • Indonesia, 1 poin.
  • Ekuador, 1 poin.
  • Panama, 0 poin.

Grub B

  • Mali, 3 poin.
  • Spanyol, 3 poin.
  • Kadana, 0 poin.
  • Uzbekistan, 0 poin.

Itulah klasemen sementara Grup A dan B Piala Dunia U-17 2023 setelah matchday 1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya