SOLOPOS.COM - Sejumlah pesepak bola timnas Indonesia melakukan latihan di Lapangan Al Egla 2, Usail, Qatar, Rabu (17/1/2024). Timnas Indonesia akan bertanding melawan timnas Vietnam pada pertandingan kedua grup D Piala Asia 2023 di Qatar pada Jumat (19/1/2024). ANTARAFOTO/Yusran Uccang/wpa.

Solopos.com, SOLO — Laga hidup mati akan tersaji di pekan kedua Piala Asia 2023 Qatar ketika dua wakil Asia Tenggara, Indonesia dan Vietnam, akan saling bertemu di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat (19/1/2024).

Indonesia dan Vietnam sama-sama terluka. Pada laga pembuka, Indonesia takluk 1-3 dari Irak sedangkan Vitenam menyerah dengan skor 2-4 dari Jepang.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Jika salah satu dari kedua tim kalah, dipastikan akan angkat koper dari Qatar sedangkan pemenang di laga ini memelihara peluang untuk lolos.

Namun jika berakhir imbang, kedua tim akan sangat sulit lolos ke babak selanjutnya mengingat lawan berat yang dihadapi di laga terakhir.

Di laga pamungkas, Indonesia akan berhadapan dengan tim terkuat Asia, Jepang sedangkan Vietnam menjamu Irak.

Menariknya, rekor pertemuan kedua negara di berbagai kompetisi sama kuat sejauh ini.

Berdasarkan dokumentasi Solopos.com, dari 27 kali pertemuan, masing-masing mengemas delapan kemenangan dan 11 kali imbang.

Meskipun begitu, dalam tujuh pertemuan Vietnam belum pernah kalah dari Indonesia.

Terakhir kali Skuad Garuda menang adalah di ajang Piala AFF 2016. Saat itu gol dari Hansamu Yama dan penalti Boaz membawa Indonesia menang 2-1 dari Vietnam.

Shin Tae-yong juga belum pernah membawa Indonesia menang dari Vietnam. Meskipun begitu, Shin Tae-yong menjanjikan permainan menyerang saat melawan Vietnam nanti.

“Saya punya cara bermain sendiri, saya ingin menunjukkan cara bermain saya dengan pemain yang saya punya. Meskipun saya punya waktu terbatas, saya melihat semua berkembang, semua pemain memahami instruksi saya, dan besok kami akan bermain menyerang,” tegasnya dalam jumpa pers sebelum pertandingan.

Ketika disinggung mengenai Timnas U-23 yang berhasil menang atas Vietnam di SEA Games, Shin Tae-yong menilai tidak ada kaitannya dengan laga di Piala Asia nanti.

Meskipun begitu, ia juga menyebut pemain-pemain Timnas Indonesia saat ini bertekad menang atas Vietnam,

“Apapun hasilnya di U-23, baik menang atau kalah hal yang sudah terjadi sudah terjadi. Kami punya pemain yang berpengalaman yang menang lawan Vietnam, dan ini akan menjadi aset, saya besok adalah pertandingan yang menarik, kami akan menunjukkan perkembangan dibanding laga sebelumnya,” tambahnya.

Motivasi pemain saat ini sangat tinggi untuk bisa menampilkan yang terbaik bagi Timnas Indonesia di Piala Asia.

“Sudah 17 tahun sejak Indonesia lolos ke Piala Asia, 2007 berangkat sebagai tuan rumah. Sepak bola negara Asia Tenggara terus berkembang seperti Thailand, Vietnam, Malaysia dan Filipina, semua pemain punya potensi bermain di Piala Asia. Tentu sama dengan kami, para pemain berusaha menang dari Vietnam untuk semua fans untuk mendapatkan hasil yang baik,” tegas Shin.

Vietnam datang ke Qatar dengan skuad terbaik dan pelatih anyar, Philippe Troussier.

Datang dengan sejumlah pemain andalan seperti Filip Nguyen, Nguyen Quang Hai hingga Nguyen van Toan.

Meskipun berangkat dengan skuad terbaik dan belum pernah kalah dari Timnas Indonesia sejak 2016.

The Golden Star bukan tanpa kritik. Cara bermain Philippe Troussier yang mengutamakan penguasaan bola dikritik oleh sejumlah pundit di Vietnam.

Mereka menilai, para pemain Vietnam tidak terbiasa berlama-lama dengan bola dan lebih baik bermain counter attack dan menekan seperti taktik dari Park Hang-seo.

Menariknya, kritik ini hadir pascakekalahan Vietnam dari Timnas Indonesia di Semifinal SEA Games 2023.

Perkiraan susunan pemain

Timnas Indonesia (3-5-2)/(5-3-2)

Ernando Ari; Jordi Amat, Shayne Pattynama, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam, Sandy Walsh, Ivar Jenner, Pratama Arhan, Yakob Sayuri;  Marselino Ferdinan, Rafael Struick



Pelatih: Shin Tae-yong

Vietnam (3-5-2)

Flip Nguyen; Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Anh, Nguyen Thanh Binh; Vo Min Trong, Nguyen Tuan Anh, Nguyen Tai Sonh, Pham Xuan Manh; Nguyen Dinh Bac, Do Hung Dung; Pham Tuan Hai

Pelatih: Philippe Troussier

Head to head

Kualifikasi Piala Dunia 2022, 15 Oktober 2019:  Indonesia 1-3 Vietnam

Kualifikasi Piala Dunia 2022, 7 Juni 2021: Vietnam 4-0 Indonesia

Piala AFF, 15 Desember 2021:  Indonesia vs Vietnam

Piala AFF, 6 Januari 2023: Indonesia 0-0 Vietnam

Piala AFF, 9 Januari 2023: Vietnam 2-0 Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya