SOLOPOS.COM - Pembalap sepeda asal Belanda, Harrie Lavreysen, mengukir sejarah menjadi yang pertama memenangi lima gelar Kejuaraan Dunia secara beruntun. (Twitter/@UCI_Track)

Solopos.com, GLASGOW – Pembalap sepeda asal Belanda, Harrie Lavreysen, memenangi gelar juara dunia untuk kali kelima secara beruntun di nomor sprint yang ia raih pada Kejuaraan Dunia Balap Sepeda 2023 di Glasgow, Skotlandia.

Pada balapan yang berlangsung pada Selasa (8/8/2023) dini hari WIB tersebut, Lavreysen, 26, mendominasi jalannya balapan dengan mengalahkan pembalap sepeda asal Trinidad & Tobago Nicholas Paul di babak final, untuk menjadi sprinter pertama dalam sejarah yang memenangi lima gelar juara dunia berturut-turut sejak tahun 1992.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Lavreysen sekarang memiliki total 13 gelar dunia dan diprediksi akan menjadi favorit luar biasa untuk memenangkan tiga medali emas tahun depan di Olimpiade Paris. Selain itu, dia juga sangat dekat untuk menyamakan rekor yang dimiliki legenda balap sepeda Prancis, Arnaud Tourant, dengan 14 gelar dunia.

“Saya merasa sangat kuat di turnamen ini, dan ini telah menguras energi dan waktu dari balapan yang berlangsung secara beruntun. Saya berharap bisa mempertahankan performa dan keuntungan yang saya miliki ini. Saya sangat suka sprint,” kata Lavresyen dikutip dari Antara.

Di sisi lain, Kieran Reilly dari Inggris berhasil mengklaim emas pertama untuk negaranya dari nomor BMX Freestyle Park pada kejuaraan tersebut. Ia finis di depan juara Olimpiade Logan Martin dari Australia di babak final, dengan skor kemenangan 95,80.

“Ini level adalah level yang berbeda. Ini adalah kompetisi terbesar di dunia di luar Olimpiade, dan ini adalah batu loncatan yang sempurna buar saya,” kata Reilly.

“Saya memenangkan Kejuaraan Balap Sepeda Eropa beberapa bulan lalu dan memiliki dua (gelar) itu pada saat yang sama menunjukkan kerja keras saya terbayarkan,” ujarnya.

Ia mengatakan dirinya berusaha untuk mengambil risiko lebih besar demi meraih gelar juara. “Saya senang saya memiliki kepercayaan pada diri saya sendiri dan itu terbayar,” ujar Reilly.

Sementara itu, pembalap sepeda Amerika Serikat Nick Bruce berhasil finis ketiga tepat di depan mantan juara Rimu Nakamura dari Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya