SOLOPOS.COM - Ilustrasi Liga Champions. (istimewa)

Solopos.com, SOLOPertandingan fase grup Liga Champions 2023/2024 segera digelar pada September ini, berikut rekor fantastis yang tercipta sepanjang digelarnya Liga Champions.

Ajang akbar kompetisi antarklub di Eropa itu selalu dinanti para pencinta bola di dunia, termasuk di Tanah Air. Sebab, Liga Champions selalu menyajikan pertandingan seru.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Manchester City menjadi kampiun Liga Champions musim 2022/2023. Bagi The Citizens, gelar itu melengkapi capaian treble winner Sebelumnya, skuad asuhan Pep Guardiola menjuarai Liga Inggris dan Piala FA.

Liga Champions telah menjadi rumah bagi beberapa aksi sepak bola terhebat dan terindah yang bisa disaksikan para pencinta si kulit bundar dari berbagai penjuru dunia.

Sejak kompetisi itu berganti nama pada 1992 menjadi Liga Champions, kompetisi antarklub paling elite di Benua Biru itu melesat ke level berbeda.

Tak jarang rekor tercipta dalam kompetisi terakbar ini, baik rekor individu, tim, maupun rekor lainnya.

Dengan kualitas permainan yang dipamerkan, ada beberapa rekor yang cukup mencengangkan selama 28 tahun terakhir. Berikut rekor fantastis di Liga Champions yang pernah tercipta dikutip Solopos.com dari Give Me Sport dan sumber lainnya, Selasa (5/9/2023):

1. Hattrick tercepat 6 menit 12 detik

Mohamed Salah menciptakan hattrick tercepat dalam sejarah Liga Champions saat Liverpool menang 7-1 atas Glasgow Rangers di Stadion Ibrox, Skotlandia, Kamis (13/10/2022) dini hari WIB.

Pemain asal Mesir itu mencetak gol pertamanya pada menit ke-75, gol kedua menit 80, dan satu menit kemudian melengkapi hattrick-nya. Hebatnya Salah baru masuk pada menit ke-68 menggantikan Darwin Nunez di laga ini.

Hattrick Salah tercipta dalam rentang waktu 6 menit dan 12 detik yang digenapkan menjadi tujuh menit. Hattrick Salah memecahkan rekor hattrick tercepat sebelumnya di Liga Champions yang dipegang Bafetimbi Gomis, 7 Desember 2011. Ketika itu Gomis mencetak hattrick dalam delapan menit saat Lyon mengalahkan Dinamo Zagreb.

2. Gol terbanyak dalam satu pertandingan

Rekor fantastis di Liga Champions selanjutnya adalah gol terbanyak dalam satu pertandingan. Rekor ini sebelumnya diciptakan Barcelona saat membantai Bayer Leverkusen pada 2012 dengan skor 7-1. Rekor ini disamai Liverpool pada Oktober 2022 lalu.

Saat itu, The Reds menang telak dengan skor 7-1 saat melawan Glasgow Rangers di Stadion Ibrox, Skotlandia.

3. Kiper cetak 3 gol

Rekor fantastis di Liga Champions berikutnya kiper mencetak 3 gol. Seorang kiper mencetak tiga gol dalam pertandingan Liga Champions agak sulit dipercaya.

Namun, faktanya Butt menciptakan rekor itu. Lebih mengherankan lagi, pencapaian itu dibukukan Butt ke gawang tim yang sama.

Kiper asal Jerman itu mencetak gol penalti ke gawang Juventus saat bermain untuk Hamburg, Leverkusen, dan Bayern Munich.

4. Margin kemenangan terbesar (HJK Helsinki 13-0 Bangor City di babak kualifikasi kedua pada 2011/2012)

Rekor fantastis di Liga Champions lainnya adalah margin kemenangan terbesar. Memang skor gila ini datang saat pertandingan kualifikasi. Namun, laga itu masih menjadi bagian dari Liga Champions musim 2011/2012, jadi itu tetap penting.

Erfan Zeneli, Teemu Pukki, dan Kastriot Kastrati masing-masing mencetak dua gol pada laga itu. HJK Helsinki menang dengan agregat 13-0.

5. Gol terbanyak dalam satu musim Liga Champions

Rekor fantastis di Liga Champions berikutnya adalah gol terbanyak dalam satu musim Liga Champions. Sumbangan 17 gol Ronaldo membantu Real Madrid mengemas La Decima pada 2013/2014.

Rekor gol tersebut dibukukan Ronaldo dalam 11 pertandingan dan menyumbangkan lima assist. Pemain Portugal itu memang layak dijuluki Raja Liga Champions.

6. Penonton terbanyak (115.500 orang di laga Barcelona vs PSG pada musim 1994/1995)

Rekor fantastis di Liga Champions terakhir penonton terbanyak. Gara-gara banyak perubahan dalam peraturan stadion di seluruh Eropa sejak lama, hari-hari kehadiran enam digit jumlah penonton mungkin tidak akan terulang lagi.

Rekor jumlah penonton yang menyaksikan Barcelona vs PSG di Camp Nou pada 1994/1995 sebanyak 115.500 itu mungkin tidak akan pernah terpecahkan kembali.

Itulah rekor fantastis yang tercipta sepanjang digelarnya Liga Champions.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya