SOLOPOS.COM - Pemain timnas Indonesia, Pratama Arhan. (Instagram/@pratamaarhan8).

Solopos.com, JAKARTA–Pemain timnas Indonesia Pratama Arhan mendapat sorotan media Argentina menyusul lemparan ke dalam langsung ke muka gawang yang merepotkan pertahanan Tim Tango pada FIFA matchday Indonesia vs Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (19/6/2023).

Dalam laga bersejarah itu Indonesia menelan kekalahan 0-2. Dua gol Tim Tanggo dicetak oleh Paredes pada menit ke-38 dan digandakan oleh Cristian Romero pada menit ke-56.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Media Argentina La Nacion menyebut masuknya Arhan pada babak kedua membuat permainan Indonesia merangkak naik.

“Babak pertama, sang juara dunia jauh lebih unggul. Namun, di babak kedua pemain lokal [Pratama Arhan] mampu menandinginya dan dia melakukannya dengan cara yang sangat khusus, melakukan lemparan jauh,” tulis La Nacion, Selasa (20/9/2023).

Media itu menyebut hal itu membuat pertahana Argentina sempat bingung ketika lemparan dari pemain Tokyo Verdy ini yang disambut oleh Elkan Baggot hampir masuk ke gawang Argentina.

La Nacion juga menganalisis lemparan Arhan dari sisi lapangan seakan menjadi senjata bagi Indonesia. “Bahkan, Arhan melakukan umpan silang dari satu sisi lapangan lainnya dan itu adalah senjata yang digunakan Indonesia,” ujarnya.

Terpisah, pelatih Argentina, Lionel Scaloni, tidak menganggap spesial lemparan ke dalam yang dilakukan Pratama Arhan saat pertandingan Indonesia vs Argentina kemarin.

Scaloni menyebut skuad asuhannya bermain dengan baik. Saat disinggung lemparan dalam langsung di depan gawang Argentina yang dilakukan Pratama Arhan, Scaloni menilai hal itu tidak terlalu spesial.

Namun, Scaloni tak memungkiri semua pemain Indonesia bermain bagus saat menghadapi Julian Alvarez dan kolega.

“Karena kami bermain secara kompak sehingga buat kami semua bermain bagus, tidak ada satu pemain [Indonesia] yang spesial buat kami,” kata Lionel Scaloni kepada wartawan dikutip Selasa (20/6/2023).

Sebagai informasi, Pratama Arhan beberapa kali melakukan lemparan ke dalam langsung ke depan gawang lawan. Kali pertama Pratama Arhan melakukan lemparan andalannya, kiper Argentina Emiliano Martinez tetap berada di bawah mistar gawang.

Tanpa diduga, bola hasil lemparan ke dalam Arhan dapat disundul Elkan Baggot. Bola tandukan pemain jangkung itu meluncur ke gawang Tim Tango. Beruntung, Emiliano Martinez masih dapat menepis bola yang hampir masuk ke gawangnya itu.

Pada kesempatan berikutnya, Emiliano Martinez lebih sigap dengan mengambil posisi lebih ke depan agar bisa langsung menghalau bola lemparan Arhan. Dia tak mau gawangnya yang dia jaga dibobol pemain Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Media Argentina Soroti Lemparan Jauh Pratama Arhan”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya