SOLOPOS.COM - Mohammad Kanu Helmiawan (Istimewa/Ofisial Persis Solo)

Solopos.com, SOLO–Rian Miziar memenilai mental rekannya di posisi bek, M. Kanu Helmiawan saat Persis Solo menang 2-1 atas Borneo FC pada pekan kedua Liga 1 2023/2024, Sabtu (15/7/2023) lalu, naik turun.

Memang posisi bek bukan posisi asli Kanu. Sebelumnya, pemain timnas U-23 itu berposisi sebagai gelandang. Namun, pada dasarnya pemain harus siap bermain di posisi apa pun sesuai kebutuhan.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Oleh karena itu, Rian Miziar yang ditunjuk sebagai kapten tim meminta Kanu selalu percaya diri karena memiliki kemampuan bagus menjaga pertahanan Laskar Sambernyawa. Dia terus memotivasi Kanu agar tak pernag ragu menjalankan peran barunya.

Saat menjamu Borneo FC, juru taktik Luis Medina memasang tiga bek tengah. Selain Rian Miziar dan Kanu, Medina memasang Sutanto Tan yang sebenarnya seorang gelandang di posisi bek.

Rotasi itu tak terlepas dari minimnya pemain bertahan di Persis Solo setelah Jaimerson dan Diego Bardanca absen akibat cedera.

Hal itu memicu banyak komentar tentang kondisi tim yang krisis lini belakang, sehingga menimbulkan keraguan sebelum menghadapi Borneo FC.

Kepada Solopos.com, Minggu (16/7/2023), Rian Miziar menyebut mental Kanu sebagai pemain muda kadang naik turun. Rian yang merupakan pemain senior di Persis Solo terus memotivasi Kanu agar terus optimistis sepanjang pertandingan.  Apalagi Kanu Helmiawan merupakan pemain berlabel Timnas Indonesia.

“Kanu tidak akan jadi kapten timnas U-23 kalau tidak ada kemampuan. Kanu, jangan ragu! Kami percaya kamu 1.000%,” ucap Rian Miziar.

Mengenai Sutanto Tan, Rian Miziar tidak ada keraguan sedikitpun. Sebab, Sutanto Tan merupakan pemain yang sangat pintar di Persis Solo.

Pada laga melawan Borneo FC, penampilan Kanu Helmiawan menuai pujian. Meskipun berposisi asli sebagai gelandang, Kanu berhasil tampil sebagai bek tengah. Kanu berulang kali mampu menggagalkan serangan balik cepat Borneo.

Namun, Kanu harus ditarik keluar menit ke-59 digantikan Arif Budiyono karena cedera setelah menghalau serangan balik cepat Borneo FC. Saat ditandu ke luar lapangan, seluruh tribune bersorak untuk Kanu Helmiawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya