SOLOPOS.COM - Chiara Marvella Handoyo saat tampil di babak perempat final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2023 di Washington, Amerika Serikat. (Istimewa/Tim Humas dan Media PP PBSI)

Solopos.com, WASHINGTON – Pebulu tangkis Indonesia asal Kabupaten Klaten, Chiara Marvella Handoyo, menciptakan kejutan dengan menumbangkan juara bertahan Tomoka Miyazaki asal Jepang pada BWF World Junior Championships (Kejuaraan Dunia Junior) 2023 di The Podium Arena, Spokane, Washington, Amerika Serikat, Sabtu (7/10/2023) WIB.

Lewat perjuangan sengit selama 80 menit, Chiara menang atas juara Kejuaraan Dunia Junior 2022 itu dengan skor 21-14, 18-21, 22-20. Kemenangan tersebut mengantarkan pebulu tangkis yang biasa disama Yaya ini melaju ke babak semi final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior BWF 2023.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Chiara sempat tertinggal 17-20, karena Miyazaki tampak mengendalikan permainan di game ketiga. Namun, permainan gigih Chiara membuat ketegangan melanda Miyazaki sehingga pemain asal Negeri Sakura itu membuat sejumlah kesalahan.

“Saya hanya berusaha yang terbaik saat dia (Mizayaki) memiliki poin untuk memenangi pertandingan tersebut, dan saya bermain dengan aman karena saya merasakan bahwa dia gugup,” kata Chiara dikutip dari laman resmi Badminton World Federation (BWF), Sabtu.

“Bersyukur bisa menang di pertandingan tadi dan bisa mengamankan medali bagi Indonesia. Pertandingan tadi juga cukup ketat. Dari game pertama hingga ketiga saya terus mendapat tekanan. Saya cuma berusaha dan berdoa agar bisa mendapat poin demi poin,” ungkap Chiara dikutip dari keterangan resmi PP PBSI.

“Pada game kedua, saya juga tegang terus. Bukannya berusaha agar pukulan-pukulan bola saya bisa menyusahkan lawan, malah terpotong-potong,” kata Chiara.

Chiara sebelumnya kalah dalam pertarungan tiga game yang ketat melawan Miyazaki di Kejuaraan Asia Junior pada bulan Juli.

Atlet bulu tangkis yang lahir pada 14 Juni 2005 ini mengaku bahwa dirinya bisa mengalahkan Mizayaki yang merupakan Juara Dunia Junior pada musim 2022, dengan cara mengubah taktik pertandingan saat game terakhir.

“Saya mencoba untuk tidak bermain di belakang, dan bermain dengan variasi pukulan yang lebih banyak dan lebih mendekat ke net. Pukulan atasnya sangat sulit diatasi,” katanya,

Di semi final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2023, Chiara akan menghadapi Lin Ran Huang dari China, yang mengalahkan Gianna Stiglich dari Italia 21-16, 21-14 pada perempat final.

Indonesia juga memiliki wakil di babak semifinal tunggal putra yakni Alwi Farhan yang mengalahkan Wang Zi Jun dari China dengan skor 21-19, 21-18 dalam durasi 42 menit.

Di semifinal, Alwi akan bersua Ayush Shetty, pemain bukan unggulan asal India. Di pertemuan pertama pada semifinal Denmark Junior 2021, Alwi sempat dikalahkan Ayush lewat laga tiga game, 21-16, 17-21, 21-23.

Selain itu, Indonesia juga memiliki perwakilan pada ganda campuran, Jonathan Farrell Gosal/Priskila Venus Elsadai juga maju ke semifinal. Unggulan ke-12 itu sukses menggusur wakil Jepang, Kenta Matsukawa/Nao Yamakita dengan skor identik, 21-13, 21-13.

Di semifinal Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2023, Jojo/Elsa akan melawan Liao Pin Yi/Zhang Jia Han asal China. Pemain asal Negeri Tirai Bambu ini pernah mengalahkan Jojo/Elsa di final beregu, dengan skor 21-19, 21-14.

Menarik untuk dinanti kejutan lanjutan apa yang akan ditampilkan wakil Indonesia di semifinal Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2023.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya