SOLOPOS.COM - Pelatih Timnas Burkina Faso U-17, Brahima Traore, pernah mengikuti trial bersama Persib Bandung. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Pelatih timnas Burkina Faso untuk Piala Dunia U-17, Brahima Traore, mengatakan Indonesia adalah negara keduanya. Maklum, Brahima Traore pernah trial bersama Persib Bandung di tahun 2006. Namun, Pelatih Persib Bandung, Arcan Iurie memutuskan tidak menggunakan jasanya.

Nama Umuh Muchtar yang lama menjadi manajer Persib Bandung tak pernah hilang dari ingatan pelatih tim nasional U-17 Burkina Faso tersebut. Saat kembali ke Indonesia, Traore  ingin kangen-kangenan dengan Umuh dan para pemain yang pernah bekerja sama dengan dia.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Saat Presiden FIFA President Gianni Infantino mengumumkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, Brahima Traore kegirangan.

“Ingatan saya tentang sebuah negara yang indah langsung muncul semua ketika Indonesia diumumkan menjadi tuan rumah (Piala Dunia U-17),” ucap Traore dalam rilis yang diterima Solopos.com, Senin (13/11/2023).

Orang-orang yang mengenal dan tahu Traore pernah bermain di negara itu selama bertahun-tahun pun mengatakan bahwa Traore akan pulang ke negaranya (Indonesia).

Traore menuturkan dirinya memang sering mengatakan Indonesia adalah negara keduanya. “Saya memang ingin bertemu dengan teman-teman. Saya masih hapal daerah-daerah di sana,” ucapnya.

Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia memang tak sekadar kejuaraan bagi Traore yang kini mengarsiteki timnas Burkina Faso U-17. Kembali ke Indonesia memberi kesempatan bagi Brahima Traore untuk melepas rindu dengan orang-orang yang pernah berjasa kepadanya selama dia masih menjadi pemain.

Ya, Traore pernah bermain di Liga Indonesia. Persib menjadi salah satu klub yang pernah diperkuatnya. Ini yang menjadikan Taore sangat ingin bertemu dengan H. Umuh yang saat itu menjadi manajer Persib.

Semasa menjadi pemain, Traore pernah bermain di Liga Indonesia selama empat tahun. Dalam medio tersebut, dia bermain di Persib, Gresik United, dan Persiraja Banda Aceh.

“Ya saya merindukan banyak orang di sini. Dulu saya datang kali pertama bermain untuk Persib. Setelah cedera, saya kembali pulang dulu. Lalu saya kembali tetapi bermain di Gresik United dan setelahnya bergabung membela Persiraja,” ujar Traore berkisah tentang perjalanan karier sepak bola saat menjadi pemain.

“Saya bermain empat tahun di Indonesia, tentu saya kangen dengan teman-teman di sini. Rasanya senang bisa kembali ke Indonesia,” tutur dia.

“Saya sangat ingin bertemu dengan manajer Persib saat itu, Haji Umuh. Dia sangat baik. Ketika saya cedera saat masih bermain di Persib, dia menyediakan semua kebutuhan saya. Klub tetap membayarkan gaji saya penuh meski saya tidak bisa bermain karena cedera. Saya sangat kangen dengan dia,” ujarnya.

Banyak kenangan indah yang tertoreh di hatinya selama bermain di Indonesia. Di Persib saat itu, dirinya bermain bersama pemain asal Maroko Redouane Barkaoui.

“Barkaoui saya lihat sebagai pemain besar. Saya senang memiliki pengalaman bermain dengan dia di sini [Indonesia],” ujarnya.

Dia pun melihat bagaimana sepak bola Indonesia yang kian berkembang saat ini. Hal itu menurutnya bisa terlihat bagaimana antusisme masyarakat Indonesia yang menonton langsung ke stadion.

“Sepak bola Indonesia sangat berkembang, semua orang suka sepak bola. Saya senang melihat Anda ke stadion. Anda bisa lihat orang menangis karena sepak bola dan itu sangat bagus,” katanya.

Traore sendiri ditunjuk sebagai pelatih timnas U-17 pada November 2021. Dirinya membawa Burkina Faso lolos ke putaran final Piala Dunia U-17 2023 untuk kali pertama setelah penantian 12 tahun.

Dia dikenal sebagai pelatih yang teliti dan cermat dengan detil. Traore menerapkan permainan yang berbasis penguasaan bola yang kemudian menekan lawan. Ini yang menjadikan Burkina Faso U-17 meraih sukses dengan menduduki peringkat tiga di Piala Afrika U-17 2023 dan lolos ke Piala Dunia U-17.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya