SOLOPOS.COM - Pelatih Timnas Turkmenistan Mergen Orazov (ketiga kanan) saat memimpin latihan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (7/9/2023). (Antara/Moch Asim)

Solopos.com, SURABAYA – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Turkmenistan, Orazov Mergen, mengaku sudah puas dengan perkembangan anak asuhnya meski kalah melawan Indonesia dalam laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat (8/9/2023) malam WIB.

“Yang masih menjadi masalah adalah finishing saat di depan gawang lawan tapi saya sudah puas melihat pertandingan hari ini, semoga ada kesempatan untuk bermain kembali,” ujarnya di Stadion GBT Surabaya.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Selain itu, dirinya mengakui dari segi permainan Indonesia merupakan tim yang bagus meskipun ada beberapa pemain yang masuk skuad U-23.

“Kami sudah menganalisis kekuatan dan kelemahan para pemain Indonesia, namun saya tetap mengapresiasi para pemain saya yang telah bermain cukup bagus,” kata sang Pelatih Timnas Turkmenistan.

Namun, pelatih asal Asghabat tersebut menggarisbawahi, kedua gol yang diciptakan Indonesia itu pada saat pemainnya hanya berjumlah sepuluh.

“Kedua gol Indonesia tercipta saat kami bermain sepuluh orang, namun saya tetap puas dengan permainan kedua tim,” tuturnya.

Sebelumnya, Timnas Indonesia senior berhasil mengalahkan timnas Turkmenistan dengan skor 2-0 dalam laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo GBT Surabaya, Jumat malam.

Kedua gol Indonesia dicetak oleh Dendy Sulistyawan pada menit ke-19 dan Egy Maulana Vikri menit ke-90+1.

Hasil ini menambah catatan baik Timnas Indonesia dengan tiga kemenangan, satu seri dan satu kalah.

Pertemuan pertama Indonesia dengan Turkmenistan terjadi pada 31 Maret 2004 di Stadion Olimpiade Ashgabat dalam Kualifikasi Piala Dunia 2006.

Di laga perdana itu, Indonesia kalah 1-3, satu-satunya gol Indonesia dicetak Budi Sudarsono, sementara tiga gol Turkmenistan dilesakkan Vladimir Bayramov dua gol dan Begencmuhamed Kuliyew.

Kemudian, pada 17 November 2004 giliran Indonesia menjamu Turkmenistan di Stadion Utama Gelora Bung Karno berhasil menang 3-1 berkat hattrick Ilham Jaya Kesuma.

Selanjutnya, Timnas Indonesia kembali bentrok dengan Turkmenistan dalam kualifikasi Piala Dunia 2014.

Pada pertemuan pertama Indonesia bertandang ke Ashgabat pada 23 Juli 2011, hasilnya imbang 1-1, Ilham Jaya Kesuma yang menjadi aktor penyeimbang dalam pertandingan itu.

Pada pertemuan kedua berlangsung di Jakarta pada 28 Juli 2011, hasilnya Turkmenistan dihajar oleh tim Garuda dengan skor 4-3. Empat gol Indonesia didapat dari Cristian Gonzales dua gol, Ahmad Nasuha, dan Muhammad Ridwan.

Setelah timnas senior saling berhadapan di Surabaya, giliran Timnas U-23 kedua tim juga bertemu di ajang kualifikasi Piala Asia U-23. Timnas U-23 Indonesia akan menghadapi Timnas Turkmenistan U-23 di Stadion Manahan Solo pada Selasa, 12 September 2023 pukul 19.00 WIB.

Pelatih Timnas Turkmenistan U-23, Ahmet Agamyradov, dalam sesi jumpa pers, Selasa (5/9/2023) mengatakan dia telah mempersiapkan timnya untuk melawan Taiwan dan Indonesia meski sejauh ini belum banyak mengetahui kekuatan dari dua tim tersebut.

Turkmenistan melakoni pertandingan pertama melawan Taiwan di Stadion Manahan Solo, Rabu (6/9/2023) malam WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya