SOLOPOS.COM - Logo Al Hilal

Solopos.com, SOLO – Siapa pemilik Al Hilal, tim yang saat ini sedang moncer di kancah Liga Champions Asia 2023? Al Hilal merupakan salah satu klub di Liga Arab Saudi yang sedang membangun citra untuk bisa mendunia.

Seperti diketahui salah satu langkah yang diambil Al Hilal beberapa waktu lalu adalah dengan mendatangkan megabintang asal Brasil, Neymar, yang sebelumnya memperbuat klub penguasa Liga Prancis, PSG.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Tak tanggung-tanggung Al Hilal rela mengeluarkan dana hingga 90 juta euro atu setara dengan Rp1,5 triliun saat itu untuk membawa Neymar ke Arab Saudi. Selain Neymar, Al Hilal juga telah mendatangkan Kalidou Koulibaly, Aleksandar Mitrovic, kiper Yassine Bounou (Bono), maupun Ruben Neves.

Lalu siapa sebenarnya pemilik Al Hilal ini sehingga punya dana sedemikian besar untuk mendatangkan para bintang sepak bola dunia?

Pemilik Al Hilal ternyata juga memiliki Al Nassr yaitu Pangeran Arab Saudi, Mohammed Bin Salman (MBS). Tak hanya itu, MBS juga menguasai saham klub Al Ahli dan Al Ittihad.

Pangeran MBS dikabarkan menjadi pemilik 75 persen saham pada Public Investment Funds (PIF). Dikutip dari berbagai sumber, PFI ini merupakan yayasan ini yang menampung kekayaan Arab Saudi dan menjadi sumber investasi pemerintah Arab Saudi. Yayasan tersebut saat ini dipegang penuh oleh Pangeran MBS.

Selain sebagai pemilik Al Hilal dan tiga klub raksasa lain di Liga Arab Saudi, Pangeran MBS, juga menguasai saham mayoritas tim Inggris, yakni Newcastle United, sejak 2021. Setelah dimiliki Pangeran MBS, Newcastle kini mampu berbicara banyak Liga Inggris, bahkan mereka berhasil kembali berlaga di Liga Champions Eropa.

Kembali ke Liga Arab Saudi, kiprah Al Hilal dan Al Nassr kini memang berhasil menjadi sorotan dunia dengan mulai banyaknya stasiun televisi yang mau menyiarkan pertandingan sepak bola Liga Arab Saudi tersebut khususnya untuk empat tim yang dimiliki Pangeran MBS tadi. Investasi sang pemilik pun mulai menuai hasil.

Di papan klasemen sementara Liga Arab Saudi, Al Hilal kini nangkring di peringkat pertama dengan poin 26, unggul tiga poin dari peringkat kedua Al-Taawoun. Bahkan mereka mampu unggul empat poin dari klub yang lebih dulu mengguncang dunia sepak bola karena mendatangkan Cristiano Ronaldo yaitu Al Nassr.

Sedangkan di kancah Liga Champions Asia, Al Hilal yang dimiliki Pangeran MBS ini juga sedang moncer. Pada pertandingan Selasa (24/10/2023) dini hari WIB, Al Hilal menang telak 6-0 atas Mumbai City di King Fahd International Stadium. Kemenangan ini membuat Al Hilal memuncaki klasemen Grup D Liga Champions Asia 2023 dengan tujuh poin, sama dengan Navbahor Namangan tapi lebih unggul selisih gol.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya