SOLOPOS.COM - Pesepak bola Timnas Indonesia Ramadhan Sananta berseleberasi seusai berhasil mencetak gol ke gawang Taiwan pada pertandingan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9/2023). (Solopos/Joseph Howi WIdodo)

Solopos.com, SOLOPersis Solo akhirnya melepas striker mereka Ramadhan Sananta ke timnas U-24 Indonesia, untuk menghadapi babak 16 besar Asian Games Hangzhou China 2023.

Dengan bergabungnya Ramadhan Sananta ke timnas, Persis Solo tidak akan diperkuat Sananta saat melawan Persija Jakarta pada Sabtu (30/9/2023) mendatang.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Media Officer Persis Solo, Bryan Barcelona, Senin (25/9/2023), mengatakan berdasarkan koordinasi antara klub dengan ofisial timnas, Persis Solo memutuskan mengirimkan Ramadhan Sananta untuk memperkuat Garuda Muda di babak 16 besar Asian Games Hangzhou. Sananta bertolak ke Hangzhou hari ini, Senin.

Menurutnya, sikap Persis Solo untuk melepas Sananta bukan karena didasari motif untuk terhindar dari hukuman seperti narasi tak berdasar yang disampaikan oleh pengamat di media beberapa waktu lalu.

Namun, karena pertimbangan klub yang melihat timnas sedang membutuhkan Sananta berdasarkan performa tim di babak penyisihan Asian Games Hangzhou.

Sebelumnya, Persis Solo memang tak melepas Ramadhan Sananta ke timnas Asian Games Hangzhou. Padahal saat itu Sananta sudah didaftarkan sebagai bagian dari skuad timnas, sehingga tak bisa diganti dengan pemain lain. Kondisi itu sempat memicu perdebatan.

“Kami mengapresiasi keputusan Ketua Umum PSSI yang berkomitmen untuk memperbaiki jadwal liga agar tidak berbenturan dengan jadwal timnas di kemudian hari. Karena bagi kami, keputusan ini bisa menjadi jalan tengah untuk kepentingan bersama,” kata dia.

Dengan begitu tujuan kompetisi agar PSSI mendapatkan bermain berkualitas bisa sejalan dengan visi-misi setiap tim.

Sananta akan langsung bergabung bersama Persis Solo setelah selesai menunaikan tugas kenegaraan bersama timnas.

Bryan menyebut melepas Sananta ke timnas bukan berarti melepas target tiga angka pada laga selanjutnya kontra Persija Jakarta.

Skuad Sambernyawa berharap keputusan ini akan menjadi lecutan motivasi bagi klub, suporter, dan masyarakat Solo untuk bisa memenangkan laga kandang terakhir di bulan September.

“Semoga keputusan ini menjadi yang terbaik bagi semua pihak,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan timnas Indonesia akan mendapat dua tambahan tenaga baru yakni Muhammad Ramadhan Sananta dan Beckham Putra Nugraha untuk menghadapi laga di babak 16 besar Asian Games Hangzhou.

Timnas U-24 Indonesia dipastikan lolos ke fase gugur Asian Games 2023 Hangzhou, China, meski kalah 0-1 dari Korea Utara, Minggu (24/9/2023). Garuda Muda merebut tiket ke 16 besar lewat jalur pringkat tiga terbaik.

Menyambut fase gugur Asian Games Hangzhou, pelatih timnas U-24 Indonesia Indra Sjafri memanggil dua pemain yang sudah didaftarkan timnas U-24 Indonesia ke Asian Games 2023 namun belum bisa tampil, yakni Ramadhan Sananta dan Beckham Putra.

“Insyaallah Ramadhan Sananta akan bertolak ke Hangzhou malam ini [Senin]. Untuk Beckham akan dicek dulu oleh dokter timnas,” kata anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Endri Erawan, Senin (25/9/2023).

Tanpa kehadiran Beckham dan Sananta permainan timnas U-24 Indonesia belum memuaskan. Skuad asuhan Indra Sjafri menelan dua kekalahan dan hanya memetik satu kemenangan dalam tiga laga fase grup.

Usai membekuk Kirgizstan 2-0 pada laga pertama, Garuda Muda ditumbangkan China Taipei (Taiwan) dan Korea Utara dengan skor serupa yakni 0-1.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya