SOLOPOS.COM - OIKN bakal menggelar Piala Soeratin zona Kalimantan Timur di Stadion Panglima Sentik di Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara pada pada 20 sampai 30 November 2023 (Antara/HO-dokumen OIKN)

Solopos.com, PENAJAM – Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) mencari bibit unggul pesepak bola nasional di Provinsi Kalimantan Timur yang kelak dapat tergabung dalam tim nasional Indonesia dan menjadi pemain profesional melalui ajang Piala Soeratin U-15 (usia 15 tahun) yang bakal digelar di Stadion Panglima Sentik Kabupaten Penajam Paser Utara.

Piala Soeratin merupakan pembinaan olahraga khususnya sepak bola, jelas Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN Alimuddin di Penajam, Senin, diharapkan pesepakbola di Kalimantan Timur masuk pelatihan nasional di Kota Nusantara, ibu kota negara masa depan Indonesia.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

“Semoga anak-anak di Kalimantan Timur nanti ada yang masuk pusat pelatihan Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI),” ungkap Alimuddin.

Presiden Joko Widodo telah melakukan peletakan batu pertama pusat pelatihan (training center) PSSI di Kota Nusantara yang dibangun pada sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

OIKN menindaklanjuti pembangunan pusat pelatihan itu dengan melakukan pembinaan sepakbola melalui gelaran Soeratin U-15 zona Kalimantan Timur 2023, memperebutkan piala bergilir Kepala OIKN yang bakal dilaksanakan pada 20 sampai 30 November 2023.

Pelaksanaan piala bergilir Soeratin Kepala OIKN 2023 itu bentuk implementasi Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2023 tentang Kota Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2023 tentang Kewenangan Otorita Ibu Kota Nusantara.

“Semua itu untuk wujudkan pengembangan kapasitas dan pembinaan prestasi olahraga, khususnya pada olahraga sepakbola di wilayah Kota Nusantara dan sekitarnya,” ujarnya.

Piala Soeratin diselenggarakan untuk menyediakan wadah positif kepada anak usia 15 tahun ke bawah di wilayah Kota Nusantara dan sekitarnya, lanjut dia, berusia kompetisi olahraga sepakbola sebagai pembinaan generasi muda.

Selain itu, juga untuk menjalin kemitraan dengan organisasi olahraga dan mewujudkan pengembangan masyarakat melalui bidang olahraga.

OIKN bekerja sama dengan asosiasi provinsi PSSI Kalimantan Timur, seluruh PSSI kabupaten dan kota di provinsi itu, terjadi asosiasi kabupaten PSSI Penajam Paser Utara, dan pemenang Piala Soeratin zona Kalimantan Timur bakal mewakili Provinsi Kalimantan Timur pada tingkat nasional.

Alimuddin menjelaskan Piala Soeratin yang diikuti seluruh klub sepakbola U-15 dari kabupaten dan kota se-Kalimantan Timur itu juga memberikan uang pembinaan dengan total puluhan juta rupiah, Penajam Utama FC pernah menjadi juara nasional pada Piala Soeratin U-17 pada 2017 yang digelar di Sleman, DIY.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya