SOLOPOS.COM - Jacksen F. Tiago sebagai mantan pelatih Timnas Indonesia dan Persis Solo memberikan keterangan kepada wartaran dalam sesi konferensi pers di Surabaya, Sabtu (18/11/2023). (Istimewa/Tim Kominfo Piala Dunia U-17)

Solopos.com, SURABAYA – Mantan pelatih Persis Solo, Jacksen Tiago, mengungkapkan banyak orang Brasil kagum dengan Piala Dunia U-17 di Indonesia. Status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 memang menjadi sorotan internasional.

Tak hanya warga Brasil, masyarakat dunia secara umum pun juga kagum dengan komitmen Indonesia dalam menggelar turnamen Piala Dunia U-17 ini.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Venue pertandingan Piala Dunia U-17 menjadi salah satu yang paling sering dikomentari tim-tim peserta.

Hal itu juga menjadi perhatian Direktur Akademi Persis Solo, Jacksen Fereirra Tiago. Mantan pelatih Timnas Indonesia ini mengatakan  bangga Indonesia mampu membawa event Piala Dunia meski di level U-17.

“Ini harus disyukuri. Kawan-kawan di Brasil hampir setiap hari kirim Whatsapp (WA) , kagum dengan stadion dan bangsa Indonesia bisa menggelar Piala Dunia dengan begitu luar biasa,” kata Jacksen, Sabtu (18/11/2023).

Menurut Jacksen, semua orang harus memuji semuah pihak seperti pemain, media, suporter, dan pemerintah Indonesia yang bergerak luar biasa. Dengan Piala Dunia U-17 ini, anak-anak usia 5, 6, 7 tahun akan punya cita-cita mewakili bangsa Indonesia lewat sepak bola.

Jacksen datang dari Brasil ke Indonesia sebagai pemain hingga akhirnya berkarier sebagai pelatih. Dia termasuk sosok yang banyak meraih prestasi. Pada 2013, dia berkesempatan melatih Timnas Indonesia meski berjalan singkat.

Pria berusia 54 tahun itu menegaskan Piala Dunia U-17 2023 ini menjadi momen penting sekaligus inspirasi bagi banyak anak-anak Indonesia. Pengalaman berharga pemain diharapkan bisa menjadi modal untuk bersaing di level internasional.

“Saya seorang pelaku sepak bola Indonesia mengamati semua penilaian dari wartawan, teman-teman pelatih, atau pemain. Saya meskipun lama di Indonesia, tetap mengamati dari sudut pandang orang asing, karena saya masih berpaspor Brasil,” ucap dia.

Jacksen menyebut tak seharusnya orang Indonesia sibuk melakukan kritik. Entah itu tentang shuttle bus atau bahkan tentang warna rumput JIS.

“Indonesia ini baru kali pertama jadi tuan rumah Piala Dunia. Seharusnya orang Indonesia berpikir positif. Jangan sibuk mengkritik. Ini (Piala Dunia U-17) sesuatu yang luar biasa bagi Indonesia,” tegas Jacksen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya