SOLOPOS.COM - Pelatih Shin Tae-yong dan Jordi Amat dalam jumpa pers sebelum menghadapi Vietnam pada laga kedua penyisihan grup D Piala Asia 2023 di Stadion Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024) pukul 21.30 WIB. (pssi.org)

Solopos.com, SOLO — Pelatih Shin Tae-yong dan Jordi Amat menegaskan Timnas Indonesia siap tempur menghadapi Vietnam pada laga kedua penyisihan Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024) pukul 21.30 WIB.

Laga Indonesia melawan Vietnam besok, Jordi Amat akan memakai jersei berwarna putih-putih-putih sementara tim lawan memakai warna merah-merah-merah.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Pertandingan wajib dimenangi skuad Garuda jika ingin membuka peluang lolos ke babak 16 besar.

Pasalnya pada laga perdana Indonesia kalah 1-3 dari Irak. Bagi Vietnam, menang lawan Indonesia juga hukumnya wajib untuk memelihara peluang lolos dari fase grup.

Shin Tae-yong mengaku sudah menyiapkan formula untuk meredam Vietnam.

Dirinya mempelajari dengan baik kelebihan dan kelemahan tim berjuluk The Golden Stars Warriors tersebut.

“Kami sudah sering bertemu dengan Vietnam. Indonesia dan Vietnam sama-sama kalah di laga perdana [Piala Asia]. Untuk itu, besok tidak ada pilihan lain selain menang,” kata Shin Tae-yong seperti dikutip Solopos.com dari laman PSSI.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut menyatakan ada perubahan gaya permainan besok dari Timnas Indonesia.

Hal ini dikarenakan ada beberapa pemain yang belum turun ke lapangan.

“Saya pastikan laga esok akan lebih baik, kami punya pemain lain yang belum dimainkan. Saya punya gaya sendiri di sepak bola dan selalu mencoba untuk menempatkan sebaik mungkin. Kami punya waktu terbatas tetapi kami selalu berkembang dengan instruksi saya,” tambahnya.

Setelah melawan Vietnam, Indonesia akan menantang Jepang pada hari Rabu (24/1/2024).

Laga melawan Jepang merupakan laga terakhir kedua tim di babak penyisihan grup D Piala Asia 2023.
Sementara Vietnam menghadapi Irak di laga terakhir.

Jordi Amat Optimistis

Pemain belakang Jordi Amat optimistis skuad Garuda mampu meraih poin penuh melawan Vietnam.

“Laga melawan Vietnam besok akan jadi sangat penting bagi timnas Indonesia. Kami semua menyadari itu, betapa pentingnya pertandingan ini buat negara, buat suporter, buat pemain, ofisial dan semuanya,” kata Jordi Amat.

Pemain asal klub Johor Darul Takzim tersebut mengakui saat pertandingan perdana yang kalah 1-3 bukanlah penampilan terbaik skuad Garuda.

Dia pun sedih Indonesia harus kalah.

“Setelah kekalahan tersebut, kami sudah melakukan evaluasi dan membaik setiap harinya. Kami punya pekerjaan besar besok melawan Vietnam, mereka bermain baik di babak pertama saat melawan Jepang. Untuk itu, kami harus bisa memberikan permainan yang terbaik dan besok kami bisa menang,” tukasnya.

Perkiraan susunan pemain

Timnas Indonesia (3-5-2)/(5-3-2)

Ernando Ari; Jordi Amat, Shayne Pattynama, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam, Sandy Walsh, Ivar Jenner, Pratama Arhan, Yakob Sayuri;  Marselino Ferdinan, Rafael Struick

Pelatih: Shin Tae-yong

Vietnam (3-5-2)

Flip Nguyen; Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Anh, Nguyen Thanh Binh; Vo Min Trong, Nguyen Tuan Anh, Nguyen Tai Sonh, Pham Xuan Manh; Nguyen Dinh Bac, Do Hung Dung; Pham Tuan Hai

Pelatih: Philippe Troussier

Head to head

Kualifikasi Piala Dunia 2022, 15 Oktober 2019:  Indonesia 1-3 Vietnam



Kualifikasi Piala Dunia 2022, 7 Juni 2021: Vietnam 4-0 Indonesia

Piala AFF, 15 Desember 2021:  Indonesia vs Vietnam

Piala AFF, 6 Januari 2023: Indonesia 0-0 Vietnam

Piala AFF, 9 Januari 2023: Vietnam 2-0 Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya