SOLOPOS.COM - Pemain futsal Indonesia Evan Soumilena yang kini memperkuat klub Portugal ADCR Caxinas. (Instagram/evanmovic19).

Solopos.com, SOLO–Profil Evan Soumilena, pemain futsal Indonesia pertama yang bermain di Liga Futsal Portugal.

Pemain andalan timnas futsal Indonesia, Evan Soumilena, resmi dikontrak klub futsal Portugal, ADCR Caxinas, pada September 2023 lalu. Berita mengenai direkrutnya mantan pemain Black Steel Papua itu ke klub Portugal menghebohkan pencinta futsal Tanah Air.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Publik Indonesia bangga ada pemain futsal Indonesia yang menembus level Eropa. Evan Soumilena merupakan pemain futsal Indonesia pertama yang bermain di Portugal.

Profil Evan Soumilena diulas di artikel ini. Evan sudah bermain beberapa kali di klub barunya itu. Sebelumnya, Evan dikabarkan memberi satu assist atau umpan berbuah gol.

Terbaru, Evan diketahui mencetak gol pertama untuk ADCR Caxinas. Video peristiwa Evan mencetak gol diunggah akun Twitter/X @FSProfissional (Futsal Profissional).

Gol Evan dicetak saat timnya membantai Candoso dengan skor 10-0, Minggu (15/10/2023). Saa itu Evan mencetak gol keenam untuk ADCR Caxinas.

Gol Evan tercipta bermula ketika dia menerima umpan di tengah. Evan kemudian menggocek satu pemain lawan dan mengakhiri dengan tendangan kaki kiri mendatar.

Bola sempat terkena tiang sebelum masuk ke gawang Candoso. Kemenangan ini membawa ADCR Caxinas merangsek ke peringkat ke-5 klasemen sementara Liga Futsal Portugal (Divisao 1A).

Video Evan mencetak gol pertama untuk ADCR Caxinas dapat dilihat di sini:


Berikut profil Evan Soumilena, pemain futsal Indonesia yang sukses menembus level Eropa.

Evan dapat berkarier di Portugal tak terlepas dari peran legenda futsal Portugal, Ricardinho. Saat masih bermain di Indonesia, tepatnya memperkuat Pendekar United, Ricardinho mendorong Evan yang memiliki teknik mumpuni bermain di luar negeri.

Bahkan, Ricardinho mengaku adalah orang yang mencarikan klub di Portugasl untuk Evan.

Sejak kali pertama beredar kabar bakal direkrut ADCR Caxinas, profil Evan Soumilene banyak dicari.

Dia memang pantas berkarier di luar negeri lantaran memiliki teknik mumpuni. Bahkan, dia digadang-gadang sebagai pemain futsal Indonesia terbaik saat ini.

Evan telah menciptakan banyak prestasi. Dia merupakan top skor Piala AFF Futsal Klub 2023 dan berhasil mengantarkan Black Steel Manokwari menjadi kampiun.

Evan Soumilena memiliki nama lengkap Holypaul Septinus Soumilena. Dia lahir di Papua pada 19 November 1996. Ia tergabung dalam klub Liga Futsal Profesional Indonesia, Black Steel FC Manokwari sejak 2017 hingga akhirnya direkrut klub Portugal ADCR Caxinas. Posisinya sebagai penyerang.

Masih tentang profil Evan Soumilena, selain sebagai pemain timnas futsal, Evan juga merupakan seorang polisi. Dia bertugas di Polres Mimika, Papua. Profesinya itu tidak menghambatnya meraih prestasi lewat cabang olahraga futsal.

Evan memiliki keunggulan tajam di depan gawang, membuat dirinya dianggap sebagai jelmaan striker asal Swedia, Zlatan Ibrahimovic, sehingga dirinya dijuluki sebagai Evanmovic. Nama Instagram pribadinya pun bernama @evanmovic19.

Bersama klubnya, Evan Soumilena pernah menjuarai Liga Futsal Profesional Indonesia pada 2020 dan menjuarai AFF Futsal Club pada 2023. Ia juga menjadi pemain futsal terbaik dalam kejuaraan Liga Futsal Profesional Indonesia pada 2020.

Di timnas futsal Indonesia, Evan Soumilena memulai karier di Kejuaraan Piala Futsal AFF 2022 di Thailand. Di turnamen tersebut, Evan berhasil mencetak delapan goal dari enam pertandingan dan membawa timnas Indonesia menjadi runner-up setelah dikalahkan Thailand melalui adu penalti.



Dia juga membawa timnas futsal Indonesia menjadi runner up di ajang SEA Games 2021. Itulah profil Evan Soumilena.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya