SOLOPOS.COM - Pemain futsal Indonesia Evan Soumilena. (Instagram/evanmovic19).

Solopos.com, SOLO–Evan Soumilena mencuri perhatian pencinta olahraga futsal, hingga profil dan biodatanya dicari-cari.

Itu lantaran bintang timnas futsal Indonesia itu tampil gemilang di setiap pertandingan. Kali terakhir dia menjadi top skor Piala AFF Futsal Klub 2023 dan berhasil mengantarkan Black Steel Manokwari menjadi kampiun. Kini dia direkrut klub futsal Portugal ADCR Caxinas.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Bagi yang penasaran, berikut profil Evan Soumilena. Dikutip Solopos.com dari yoursay.id, Selasa (22/8/2022), Evan Soumilena memiliki nama lengkap Holypaul Septinus Soumilena.

Dia lahir di Papua pada 19 November 1996. Ia tergabung dalam klub Liga Futsal Profesional Indonesia, Black Steel FC Manokwari sejak 2017 hingga akhirnya direkrut klub Portugal ADCR Caxinas.

Ia memiliki posisi sebagai penyerang, Evan juga dinilai sebagai salah satu pemain terbaik Indonesia di posisi ini.

Selain sebagai pemain  timnas futsal Indonesia, Evan Soumilena juga merupakan seorang polisi. Dia bertugas di Polres Mimika, Papua. Profesinya itu tidak menghambatnya meraih prestasi lewat cabang olahraga futsal.

Evan memiliki keunggulan tajam di depan gawang, membuat dirinya dianggap sebagai jelmaan striker asal Swedia, Zlatan Ibrahimovic, sehingga dirinya dijuluki sebagai Evanmovic. Nama Instagram pribadinya pun bernama @evanmovic19.

Bersama klubnya, Evan Soumilena pernah menjuarai Liga Futsal Profesional Indonesia pada 2020 dan menjuarai AFF Futsal Club pada 2023. Ia juga menjadi pemain futsal terbaik dalam kejuaraan Liga Futsal Profesional Indonesia pada 2020.

Di timnas futsal Indonesia, Evan Soumilena memulai karier di Kejuaraan Piala Futsal AFF 2012 di Thailand. Di turnamen tersebut, Evan berhasil mencetak delapan goal dari enam pertandingan dan membawa timnas Indonesia menjadi runner-up setelah dikalahkan Thailand melalui adu penalti.

Pada tahun yang sama, bersama timnas futsal Indonesia Evan juga menjadi runner-up di Pesta Olahraga Asia Tenggara pada 2022.

Riwayat klub dan prestasi

Evan Soumilena menjadi pemain futsal profesional pada 2017 ketika bergabung dengan Black Steel. Sampai kepindahannya ke klub Portugal ACDR Caxinas.

Selama berkarier, Evan sudah meraih beberapa prestasi, di antaranya bersama Black Steel menjadi juara Liga Futsal Profesional Indonesia 2020. Lalu bersama timnas futsal Indonesia menjadi runner-up Piala AFF Futsal 2022 dan runner-up SEA Games 2021.

Dalam karier profesionalnya, Evan bermain sebagai pivot atau penyerang. Dirinya dinilai sebagai salah satu pemain Indonesia  yang terbaik dalam posisi ini. Tidak heran dia menjadi satu-satunya pivot yang diikutsertakan pelatih timnas pada AFF Futsal 2022 di Thailand.

Itulah profil Evan Soumilena yang perlu para pencinta futsal ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya