SOLOPOS.COM - Pemain baru PSIS Semarang, Paulo Gali Freitas. (Twitter/@psisofficial).

Solopos.com, SOLO—Profil striker baru PSIS Semarang, Paulo Gali Freitas, yang mengukir sejarah bagi bagi dunia sepak bola Indonesia dan Timor Leste.

PSIS Semarang resmi mendatangkan pemain asal Timor Leste itu untuk menghadapi Liga 1 2023/2024.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

CEO PSIS Semarang A.S. Sukawijaya pada 2 Juni lalu mengatakan Paulo Gali Freitas didatangkan untuk mengisi kuota pemain asing dari negara ASEAN.

“Paulo Gali Freitas didatangkan untuk memperkuat lini depan PSIS,” kata pria yang akrab disapa Yoyok Sukawi tersebut.

Menurut dia, profil Paulo Gali Freitas bisa ditempatkan di posisi sayap kanan maupun kiri atau sebagai penyerang kedua.

Pemain yang akan dikontrak untuk satu musim ke depan itu tercatat sudah sembilan kali membela tim nasional Timor Leste di berbagai pertandingan.

Paulo Gali Freitas sempat menjadi sorotan pada 2019 lalu menyusul kabar kurang mengenakkan mengenai pemain yang sebelumnya membela Karketu Dili FC itu.

Saat itu, Paulo Gali Freitas sempat disebut mencuri umur saat tampil di Piala AFF U-15 2019. Dia disebut memalsukan tahun kelahirannya yang menurut orang 1996 tetapi dibuat menjadi 2004 agar bisa ikut Piala AFF U-19.

Namun, setelah AFF menyelidiki tuduhan tersebut ternyata tidak benar. Paulo Gali Freitas dinyatakan lahir pada 31 Desember 2004.

Profil Paulo Gali Freitas, pesepak bola muda kelahiran Dili itu juga sempat mencuri perhatian saat FIFA matchday Indonesia vs Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, 27 Januari 2022.

Meski akhirnya Timor Leste kalah telak dengan skor 1-4, tetapi penampilan Paulo Gali Freitas saat itu merepotkan skuad Garuda.

Dia mampu mencetak gol yang membawa Timot Leste unggul lebih dulu pada menit ke-35 melalui aksi individu.

Lantas siapakah dia sebenarnya? Berikut profil Pauli Gali Freitas yang menjalani debut di Liga 1 2023/2024 bersama PSIS Semarang.

Dikutip dari laman Transfermarkt, tranfermarkt.co.id, Senin (3/7/2023), Paulo Gali Freitas memiliki nama lengkap Paulo Gali Domingos da Costa Freitas.

Pesepakbola dengan postur 165 cm itu bisa berposisi sebagai penyerang dan sayap kiri. Pada 30 Desember 2021, Paulo Gali Freitas tercatat memiliki nilai pasar Rp869 juta.

Dia bermain sepak bola sejak 2011 saat bergabung dengan Timor Leste Yout Training Center Dili hingga 2016. Dari akademi itu Paulo Gali Freitas direkrut klub lokal di negaranya, SLB Laulara pada 1 Januari 2017.

Dua tahun kemudian dia hijrah ke klub lokal Timor Leste lainnya, Lelonok United pada 1 Januari 2019.

Profil Paulo Gali Freitas, lalu dia berlabuh ke klub Assalam FC. Selanjutnya dia bergabung dengan klub Karketu Dili FC pada 7 Februari 2023 lalu hingga akhirnya menjadi amunisi baru PSIS Semarang.

Pauli Gali Freitas menjadi pemain asli Timor Leste pertama yang berkarier di Liga Indonesia. Sebelumnya memang sudah ada beberapa pemain berpaspor Timor Leste yang mendahului jejaknya seperti Pedro Henrique hingga Alan Leandro da Silva. Namun, mereka merupakan pesepakbola Brasil yang dinaturalisasi menjadi warga negara Timor Leste.

Dahulu juga ada nama-nama legendaris seperti Joao Bosco Cabral dan Miro Baldo Bento yang asli Timor Leste. Namun, keduanya bermain di Liga Indonesia ketika masih berstatus warga negara Indonesia (WNI) lantaran saat itu kampung halaman mereka masih menjadi bagian dari Indonesia.

Dengan demikian, Paulo Gali Freitas akan mengukir sejarah baru sebagai pesepakbola asli Timor Lester pertama yang berkiprah di Indonesia.

Pesepakbola yang debut bersama timnas Timor Leste pada September 2018 ini pun antusias ketika mendapat tawaran bermain untuk PSIS. Freitas mengaku mendapat dukungan besar dari pencinta bola di negaranya.

Demikian profil Paulo Gali Freitas yang mencetak sejarah bagi sepak bola Indonesia dan Timor Leste setelah bergabung dengan PSIS Semarang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya