SOLOPOS.COM - Timnas U-17 Brasil saat menjuarai Kejuaraan Amerika Selatan CONMEBOL 2023. (Istimewa/fifa.com).

Solopos.com, SOLO–Profil timnas U-17 Brasil yang menghuni Grup C dan akan menjalani babak penyisihan Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 di Jakarta International Stadium (JIS).

Brasil menjadi salah satu tim yang dijagokan menjadi juara Piala Dunia U-17 edisi tahun ini, 10 November-2 Desember. Tim ini berstatus juara bertahan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Tak heran, Brasil memiliki materi yang menjanjikan. Terlebih, Tim Samba memiliki sejarah bagus di turnamen dua tahunan ini dengan membukukan empat kali juara dari 18 perhelatan sejak 1985.

Brasil menghuni Grup C untuk memperebutkan tiket ke fase gugur dengan Iran, Kaledonia Baru, dan Inggris.

Berikut profil timnas U-17 Brasil dan daftar pemain dikutip dari laman resmi FIFA, fifa.com, Senin (6/11/2023):

Juara bertahan Brasil akan membuat penampilan ke-18.  Brasil berambisi menjadi tim ketiga yang memenangi gelar Piala Dunia U-17 FIFA berturut-turut dan mengincar rekor Nigeria dalam meraih lima gelar juara dunia.

Brasil mencatat tujuh kemenangan dan dua kali seri dalam perjalanan menuju gelar kejuaraan Amerika Selatan di Ekuador pada April 2023 lalu.

Tidak puas dengan menjuarai Grup A di fase pertama, A Seleção juga memuncaki babak grup fase terakhir yang berisi enam tim, menutup kampanye mereka dengan kekalahan 3-2 dari rival beratnya Argentina di pertandingan putaran terakhir.

Brasil memiliki serangan dan pertahanan terbaik di fase pertama, ketika mereka mencetak 11 gol dan hanya kebobolan tiga kali.

Saat ini Brasil ditangani Phelipe Leal. Pelatih yang berusia 34 tahun itu tahu cara memenangkan Piala Dunia U-17. Dia memiliki pengalaman menjadi staf pelatih ketika Brasil meraih gelar juara dunia keempat dalam kelompok umur pada 2019.

Tahun berikutnya dia berangkat ke Tiongkok, di mana dia melatih Guangzhou Evergrande U-15.

Dia kembali mengabdi ke Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) pada 2022, mengambil alih tugas sebagai pelatih kepala timnasional U-17 Brasil.

Kedian dia membawa timnya meraih gelar di kejuaraaan Amerika Selatan ke-13.

Ada pemain yang menonjil di skuad Brasil yakni Kaua Elias.

Penyerang muda ini sudah menarik minat tim-tim Eropa, setelah mengakhiri kejuaraan Amerika Selatan tahun ini sebagai pencetak gol terbanyak dengan lima gol bersama rekan setimnya, Rayan dan pemain Argentina, dan Claudio Echeverri.

Tinggi, kuat, mematikan dengan kedua kakinya, dan pengagum mantan striker Brasil Ronaldo, Elias kini bermain untuk Fluminense, di mana ia telah menandatangani kontrak profesional.

Pemain muda ini bermain di beberapa turnamen U-16 bersama O Tricolor di Eropa tahun lalu, mencetak 16 gol dalam banyak pertandingan.

Sejarah Brasil di Piala Dunia U-17

Bersama dengan Nigeria, Brasil adalah tim yang paling sukses dalam sejarah kompetisi ini, dengan meraih kemenangan sebanyak empat kali.

Kemenangan tersebut diraih pada 1997, 1999, 2003, dan yang terbaru pada 2019, ketika mereka berhasil bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan Meksiko dengan skor 2-1 pada partai final di kandang sendiri.

Brasil juga memiliki pemain terbaik dalam turnamen pada edisi 2019 tersebut, yakni Gabriel Veron yang kini bermain untuk Porto, meraih Adidas Golden Ball.

Bersama Nigeria, Brasil adalah tim tersukses dalam sejarah kompetisi ini, setelah memenangkannya sebanyak empat kali.

Brasil telah memainkan lebih banyak pertandingan (89), memenangkan lebih banyak pertandingan (60), dan mencetak lebih banyak gol (199) di Piala Dunia U-17 dibandingkan tim manapun.

Jika berhasil mencetak gol di Indonesia, mereka akan menjadi tim pertama yang berhasil mencetak 200 gol di turnamen ini.

Daftar pemain timnas U-17 Brasil:



  1. Phillipe Gabriel.
  2. Pedro Lima.
  3. Vitor Reis.
  4. Da Mata.
  5. Luiz Gustavo.
  6. Souza.
  7. Rayan.
  8. Lucas Camilo.
  9. Kaua Elias.
  10. Dudu Eduardo.
  11. Lorran.
  12. Matheus Correa.
  13. Vitor Gabriel.
  14. Joao Henrique.
  15. Riquelme Fillipi.
  16. Sidney .
  17. Luighi.
  18. Estevao.
  19. Pedro Cobra.

Jadwal laga yang dijalani Brasil di Grup C Piala Dunia U-17:

11 November 2023

  • Brasil vs Iran (Pukul 19:00 WIB, Jakarta International Stadium).

14 November 2023

  • Brasil vs Kaledonia Baru (Pukul 16:00 WIB, Jakarta International Stadium).

17 November 2023

  • Inggris vs Brasil (Pukul 19:00 WIB, Jakarta International Stadium).

Itulah profil dan daftar pemain timnas U-17 Brasil kontestan Piala Dunia U-17 Indonesia 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya