SOLOPOS.COM - Pesepak bola Timnas Indonesia Ramadhan Sananta berseleberasi seusai berhasil mencetak gol ke gawang Taiwan pada pertandingan Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9/2023). (Solopos/Joseph Howi WIdodo)

Solopos.com, SOLO–Penyerang timnas U-23 Indonesia Rafael Struick memuji rekan tandemnya di timnas, Ramadhan Sananta.

Pemain naturalisasi yang memperkuat ADO Denhaag Belanda itu menilai penyerang Persis Solo tersebut bisa bersaing di klub luar negeri.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Struick dan Sananta telah berhasil membawa Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 Qatar. Kedua pemain ini juga sama-sama mencetak sebuah gol saat Indonesia berjumpa China Taipei pada Sabtu (9/9/2023) lalu.

Ramadhan Sananta mencetak gol menit ke-6, sedangkan Rafael Struick melahirkan gol pada menit ke-19. Saat itu, Indonesia menang telak 9-0.

Hanya, Rafael bermain penuh selama 90 menit sedangkan Sananta digantikan Hokky Caraka di awal babak kedua.

Pemain keturunan Indonesia ini menyebut Ramadhan Sananta adalah penyerang yang punya kualitas sangat baik. Terbukti, Sananta punya banyak peluang pada laga kontra China Taipei.

Sananta sering mendapat ruang tembak di dalam kotak penalti. Menurut Rafael, itu bukti Sananta merupakan striker cerdas yang bisa mencari tempat untuk mencetak gol.

“Sananta mencetak gol dan itu sangat bagus. Dia mendapatkan banyak peluang yang berarti bahwa dia sangat bagus ketika berada di kotak penalti,” kata Rafael saat dijumpai wartawan, baru-baru ini.

Struick meminta Ramadhan Sananta berani berkarier di luar negeri agar bisa mendapat banyak kesempatan.

“Jika Sananta mendapatkan peluang suatu saat nanti, dia harus mengambilnya,” ujar pemain keturunan Indonesia dan Belanda itu.

Rafael melanjutkan usia Sananta masih muda. Bermain di luar bakal menjadi kesempatan besar untuk mengembangkan kariernya.

Sebelum bermain di Persis Solo, Sananta striker yang ditakuti di PSM Makassar. Penyerang berusia 20 tahun ini sukses mencetak 11 gol dan dua assist saat berseragam PSM Makassar. Sananta sukses membawa PSM Makassar menjadi kampiun Liga 1 musim lalu.

Sananta juga bersama Timnas U-22 meraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja, Mei lalu.

Bersama Persis Solo, dia sudah mencetak empat gol dari tujuh laga. Sananta juga penyumbang gol terbanyak timnas U-23 Indonesia di Piala AFF U-23 2023 dengan raihan dua gol.

Sananta merupakan pria kelahiran 27 November 2002 di Daik, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau. Sejak kecil Sananta memang sudah memiliki bakat menjadi seorang striker. Dia memulai kariernya sebagai pesepakbola saat bergabung  dengan Kepri Belia FC U-17 pada 2019.

Pada tahun yang sama, Ramadhan Sananta mendapat pembinaan dari Asian School Football (ASFC) U-18. Lalu, ia mendapat panggilan dari Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Kepulauan Riau pada 2019-2020.

Setahun kemudian, Ramadhan membela PS Harjuna Putra di Liga 3 2021/2022. Pemain bertinggi 180 cm itu tampil sebanyak 12 kali dan melesakkan sembilan gol. Performa impresifnya pun membawanya ke Persikabo.

Ramadhan memulai debutnya bagi Persikabo pada Februari 2022. Saat itu ia turun sebagai starter saat menghadapi Bali United. Ramadhan Sananta tercatat turun dalam empat pertandingan kala berseragam Persikabo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya