SOLOPOS.COM - Pelatih Persija Thomas Doll. (Solopos.com- ANTARA/Michael Siahaan)

Solopos.com, SOLO–Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll memberi penilaian kepada empat pemain asing anyar yang tiga di antaranya sudah menjalani pertandingan di awal Liga 1 2023/2024.

Hasil kurang memuaskan diraih Macan Kemayoran dalam empat pekan terakhir. Dikutip dari data di laman resmi operator Liga 1, ligaindonesiabaru.com, Selasa (25/7/2023), Persija Jakarta hingga pekan keempat Liga 1 musim ini bertengger di posisi 10 dengan mengemas lima poin.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Itu hasil empat pertandingan dengan catatan satu kali menang, dua kali imbang, dan satu kali kalah. Kekalahan dipetik Persija Jakarta pada laga terakhir melawan Persita Tangerang dengan skor 0-1, Sabtu (22/7/2023).

Dikutip dari laman resmi Persija, persija.id, empat legiun asing Persija yang sudah menjalani pertandingan meliputi Ryo Matsumura (Jepang), Marko Simic (Kroasia), Maciej Gajos (Polandia), dan Oliver Bias (Filipina).

Persija Jakarta memiliki satu lagi pemain asing yang baru datang yakni Ondrej Kudela dari Ceko.

Thomas Doll menilai Oliver Bias masih akan butuh waktu untuk mempersiapkan fisiknya sebelum akhirnya masuk ke dalam skuad. Pada laga melawan Persita lalu namanya belum masuk daftar susunan pemain (DSP).

“Sebenarnya saya pikir terlalu cepat untuk menilai mereka semua. Terlebih Oliver [Bias] yang baru saja bergabung. Saya rasa dia membutuhkan waktu untuk benar-benar siap. Sekarang dia akan bersama Paul Keenan [pelatih fisik] untuk terlebih dahulu memperkuat fisiknya. Mungkin untuk awalan dia akan masuk sebagai pemain pengganti,” ucap Thomas.

Dia melanjutkan Marko Simic bisa membantu Persija selangkah demi selangkah. Thomas menyebut hal yang paling penting untuk Simic adalah waktu bermain. Hingga pekan keempat Simic sudah tampil dua kali dengan koleksi dua gol.

“Tentu penting bagi Marko bisa bermain lagi karena dalam dua tahun terakhir dia tidak main terlalu banyak. Berdasarkan kondisi itu tidak mudah karena dia kurang menit bermain saat bergabung ke tim ini. Tapi setelah dia mencetak gol lagi melawan Bhayangkara FC [16 Juli 2023], feeling dia untuk mencetak gol mulai kembali,” ulas Thomas.

Sementara itu, pemain asing asal Jepang Ryo Matsumura menjadi pemain yang mendapat paling banyak pujian. Ryo rutin tampil bersama Persija musim ini.

“Dia sudah memiliki pengalaman bersama Persis Solo sebelumnya, jadi dia sudah banyak mengerti soal sepak bola di sini. Dia bisa bermain di berbagai posisi dan sampai saat ini, dia main dengan cukup baik bersama Riko [Simanjuntak[ di lini depan,” ucap mantan pelatih Borussia Dortmund itu.

Sementara itu, gelandang asal Polandia yang sudah bermain dua laga, Maciej Gajos, dinilai sebagai pemain yang memiliki pengalaman. Thomas yakin Gajos bisa melewati masa adaptasinya dengan baik.

“Dia adalah gelandang yang suka bermain menyerang. Tapi dia pun butuh waktu untuk mengenali semuanya di sini. Maciej [Gajos] sudah dua kali berlaga, namun saya harus terus memantaunya bagaimana reaksi dia di setiap sesi latihan. Tapi saya yakin pasti dia bisa melewatinya dengan baik,” imbuh Thomas.

Dia menyampaikan Persija membutuhkan sedikit waktu lagi untuk benar-benar bisa bersatu menjadi tim yang solid. “Kami benar-benar berusaha keras untuk hal itu,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya