SOLOPOS.COM - Jakarta International Stadium (JIS). (Instagram/@jakintstadium).

Solopos.com, JAKARTAKementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih menghitung kebutuhan biaya renovasi Jakarta International Stadium (JIS).

Namun berdasar penghitungan ahli, biaya penggantian rumput JIS diperkirakan membutuhkan Rp6 miliar. Selain itu, ada sejumlah fasilitas lain yang perlu diperbaiki dan dibangun.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

JIS yang berkapasitas lebih dari 80.000 penonton itu direnovasi dan membutuhkan biaya renovasi besar agar mememuhi standar FIFA dan bisa menjadi venue Piala Dunia U-17 2023.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Kementerian PUPR, dan Kementerian BUMN berkolaborasi untuk menuntaskan perbaikan fasilitas JIS sebagai calon venue Piala Dunia U-17.

“[Renovasi JIS] Mulai rumput butuh biaya Rp6 miliar [untuk] satu lapangan,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta, belum lama ini.

Dia melanjutkan perbaikan dan penambahan infrastruktur penunjang lainnya akan dikerjakan oleh lembaga/kementerian terkait sesuai dengan bidangnya.

Artinya, pengerjaan dan biaya untuk menyelesaikan renovasi JIS tidak hanya dibebankan oleh Pemprov DKI. “Ini kita kerjakan keroyokan,” ujarnya.

Selain penggantian rumput, Pemprov DKI juga memprioritaskan pengembangan akses di antaranya jembatan penyeberangan orang (JPO), pintu masuk/keluar, hingg stasiun kereta rel listrik (KRL).

Sejauh ini, Basuki belum bisa merincikan berapa total anggaran yang dibutuhkan untuk menuntaskan seluruh perbaikan fasilitas tersebut.

“Belum saya hitung, yang saya tahu baru rumput. Tadi saya tanya sama ahlinya sekitar Rp6 miliar. Adapun untuk sisanya kita harus hitung dulu,” jelasnya.

Perihal JPO, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menyampaikan JPO segera dibangun secepatnya karena untuk mempermudah pengunjung mengakses ke JIS. Pembangunan ini ditargetkan selesai sebelum akhir Oktober 2023.

“Kami segera membangun JPO, sudah ada bantuan dari Menteri PUPR bahwa untuk pemasangan pile cap dan ini akan dipercepat,” ujar Syafrin.

Nantinya pembangunan JPO JIS tersebut dihubungkan ke sisi selatan dan kemudian pengunjung masuk dari pintu timur untuk ke area Stadion JIS.

Biaya renovasi JIS cukup besar mengingat fasilitas yang harus ditambah lumayan banyak.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Menteri PUPR: Biaya Ganti Rumput JIS Capai Rp6 Miliar”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya