SOLOPOS.COM - Timnas Indonesia kalah 1-3 kontra Irak dalam laga perdana Grup D Piala Asia 2023, (Senin (15/1/2024) malam. Salah satu gol offiside Irak disahkan wasit asal Uzbekistan Ilgiz Tantashev. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Shin Tae-yong menyoroti keputusan wasit yang mengesahkan gol kedua Irak saat melawan Timnas Indonesia, Senin (15/1/2024), yang berbau offside.

Pelatih asal Korea Selatan ini merasa malu dengan keputusan wasit dan menganggapnya bisa menurunkan kualitas sepak bola di Asia.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Dalam tayangan di televisi memang terlihat beberapa saat sebelum terjadi gol ada pemain Irak yang terjebak offside hampir satu meter di belakang pemain Timnas Indonesia.

Sayangnya, wasit Ilgiz Tantashev asal Uzbekistan yang sudah melihat VAR mengesahkan gol tersebut sehingga Indonesia ketinggalan 1-2.

Gol berbau offside itu sedikit banyak menurunkan mental bertanding Asnawi Mangkualam dkk.

“Saya dengan senang hati menyebut gol kedua Irak tidak bisa kami terima. Itu tentu saja jelas offside, jika keputusan salah ini dibuat dari wasit, ini akan menurunkan level dari sepak bola Asia. Jadi saya merasa malu ketika tahu gol kedua tersebut disahkan, karena itu momen yang krusial pada laga ini,” tegas Shin Tae-yong dalam konferensi pers pascapertandingan melawan Irak, Senin (15/1/2024) di Ahmed bin Ali Stadium, Qatar.

Shin Tae-yong menyebut perjuangan Timnas Indonesia sudah sangat bagus. Menurutnya, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan sudah menunjukkan performa terbaiknya.

“Selamat untuk Irak yang telah memenangkan pertandingan ini. Tentu tim saya telah menunjukkan penampilan impresif dan upaya yang bagus pada laga ini,” ujar Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia harus menelan pil pahit pasca ditumbangkan Irak dengan skor 1-3 dalam laga pembuka Piala Asia 2023 di Ahmed bin Ali Stadium, Qatar, Senin (15/1/2024).

Gol dari Marselino Ferdinan di menit 37 tidak mampu menyelamatkan Timnas Indonesia yang diberondong gol-gol dari Mohamad Ali, Osama Rashid dan Aymen Husein.

Peluang Timnas Indonesia untuk lolos fase grup belum tertutup meskipun sangat sulit, karena lawan-lawan yang dihadapi seperti Jepang dan Vietnam juga tidak mudah dikalahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya