SOLOPOS.COM - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) bersama Ketum PSSI Erick Thohir, Rabu (13/3/2024). STY optimistis dapat mengalahkan Vietnam dalam dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Ist/pssi.org)

Solopos.com, JAKARTA — Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) optimistis dapat mengalahkan Vietnam dalam dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kedua tim akan saling berhadapan pada 21 Maret 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta dan 26 Maret 2024 di Hanoi, Vietnam.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Beberapa pemicu optimisme STY antara lain karena persiapan yang telah dilakukan Indonesia.

Termasuk di antaranya karena skuad Garuda telah mendapatkan kekuatan baru dengan masuknya beberapa pemain naturalisasi baru.

STY telah mengumumkan 28 pemain yang disiapkan untuk menghadapi laga ini. Dari 28 nama tersebut ada sejumlah wajah baru seperti Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, Nathan Tjoe A On, dan Jay Idzes.

Meski demikian starting eleven akan ditentukan jelang laga dimulai. Pasalnya, Thom Haye dan Oratmangoen yang diharapkan bisa membela Timnas hingga Rabu (13/3/2024) ini belum menjalani sumpah WNI.

“Sebagai pelatih kepala saya optimistis. Saya serius menyiapkan tim semaksimal mungkin. Saat bertemu dengan beberapa pemain timnas di Eropa, saya menyempatkan diri berbicara, makan malam, dan membangun motivasi para pemain untuk menang meawan Vietnam,” ujar STY saat ditemui di Jakarta, Rabu (13/3/2024).

STY menyatakan kemenangan melawan Vietnam, baik di GBK dan saat laga tandang menjadi target yang dijanjikan kepada Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Meski demikian, STY tidak bersedia menyebutkan skornya. Alasannya adalah karena sepak bola tidak dapat diperkirakan.

“Terakhir kami menang satu gol di Asian Cup. Bagaimana besok? Sepak bola tidak sesederhana skor. Namun yang pasti, saya optimistis tim akan siap saat pertandingan nanti dan mengejar kemenangan, baik di GBK ataupun Vietnam,” tutup STY.

Sebelumnya, Ketua PSSI Erick Thohir yakin Timnas Indonesia bisa melewati adangan Vietnam.

Keyakinan itu didasarkan pada skuad yang saat ini diasuh Shin Tae-yong yang diperkuat 10 pemain naturalisasi.

Simpang Siur

Kepastian dua pemain keturunan, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, untuk menjalani pengambilan sumpah sebagai warga negara Indonesia (WNI), Rabu (13/3/2024), ini kian simpang siur.

Hingga sore belum ada kabar tentang dua pemain yang bakal mengisi pos gelandang dan striker Timnas Indonesia tersebut.

Sementara itu pemain keturunan lainnya, Nathan Tjoe-A-On, yang datang ke Indonesia bareng keduanya sudah kembali terbang ke Belanda.

Pantauan Solopos.com di laman resmi PSSI hanya tersaji berita soal keyakinan Ketum PSSI Erick Thohir dan Jay Idzes bahwa Timnas mampu mengalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Seperti diketahui, sesuai jadwal seharusnya Thom Haye dan Oratmangoen menjalani sumpah pewarganegaraan hari ini.

Thom Haye, Ragnar Oratmangoen dan Nathan Tjoe-A-On tiba di Indonesia pada Senin (11/3/2024) pukul 22.00 WIB.

Agenda utama mereka di Indonesia adalah pengambilan sumpah WNI.

Nathan Tjoe-A-On langsung menjalani sumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada Selasa (12/3/2024) dini hari.

Fullback 22 tahun itu bisa lebih dulu mengambil sumpah karena berkas naturalisasinya sudah selesai.

Berdasarkan informasi yang beredar, Thom Haye dan Oratmangoen masih terkendali kelengkapan berkas.

Jika gagal mengambil sumpah WNI hari ini, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen dipastikan absen membela Timnas Indonesia kontra Vietnam pada 21 Maret.

Padalnya Rabu (13/3/2024) ini merupakan batas akhir pendaftaran pemain untuk laga Timnas Indonesia vs Timnas Vietnam ke FIFA.



Berdasarkan postingan di stories Instagram-nya, Nathan Tjoe langsung pulang ke Belanda hari ini.

Kehadiran Thom Haye dan Oratmangoen dibutuhkan Timnas Indonesia untuk menumbangkan Timnas Vietnam.

Kemenangan atas Vietnam dibutuhkan Timnas Indonesia demi membuka peluang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya