SOLOPOS.COM - Ilustrasi drag bike: Pembalap memacu motornya di ajang Indonesia Drag Bike Championship seri ke-4 di Jl Pemuda Klaten, Sabtu (23/9/2023). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, SOLO – Adu cepat sepeda motor lintasan lurus drag bike tingkat nasional akan digelar di Jl. Ir. Juanda Solo pada Minggu (29/10/2023). Kejuaraan ini sebagai bagian dari peringkatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober mendatang.

Lokasi balapan lurus ini tepatnya di kawasan Pucangsawit, Jebres, Kota Solo. Event ini diselenggarakan DPC PDI Perjuangan Kota Solo bertajuk Piala Ganjar. Sebanyak 22 kelas ditambah dua kelas tambahan khusus Vespa akan bersaing di lintasan sepanjang 201 meter.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Ajang balapan motor jalan raya ini bakal diikuti khusus pemula dan pendatang baru atau rookie.

Ketua Panitia Drag Bike Piala Ganjar, Kevin Fabiano, mengemukakan lomba ini untuk pertama kali digelar di Kota Solo setelah sekian lama Solo absen kejuaraan drag bike. Lintasan merupakan jalan umum yang dijadikan sirkuit nonpermanen dengan panjang 201 meter.

“Kami menargetkan 1.000 peserta. Drag Bike Piala Ganjar ini dikhususkan untuk pebalap pemula karena muara dari perlombaan ini menuju prestasi hingga ke Pekan Olahraga Nasional (PON),” kata Kevin Fabiano, Sabtu (7/10/2023).

Dia menjelaskan event balap jarak dekat ini untuk mewadahi generasi Z atau pemuda milenial yang sebelumnya melirik balap liar di jalan raya untuk diarahkan menjadi atlet balap.

“Drag bike ini bisa mewadahi bibit-bibit dan potensi-potensi dari generasi Z yang tadinya balapan liar dan diarahkan bisa menjadi atlet balap professional,” kata Kevin yang juga menjabat Ketua Banteng Muda Indonesia (BMI) Kota Solo tersebut.

Adapun untuk kelas yang dilombakan, Kevin menambahkan, telah berkoordinasi dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang nantinya untuk pembinaan ke jenjang prestasi di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) atau Pekan Olahraga Nasional (PON).

Bagi para pembalap yang ingin mendaftar sebagai peserta Drag Bike Piala Ganjar, dapat menghubungi nomor telepon 088902911133.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya