SOLOPOS.COM - Pesepak bola Timnas U-23 Indonesia Jeam Kelly Sroyer (kedua kanan) bersama rekannya berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas U-23 Thailand dalam Semifinal Piala AFF U-23 2023 di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Kamis (24/8/2023). (Antara/HO-Humas PSSI)

Solopos.com, SOLO–Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong resmi memanggil 27 pemain terbaik untuk menjalani pemusatan latihan (TC) timnas U-23. Itu sebagai persiapan menghadapi kualifikasi Piala Asia U-23.

Pelatih asal Korea Selatan itu menargetkan skuad Garuda Muda lolos ke putaran final Piala Asia U-23 Qatar 2024 mendatang.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

“Secara teori peluang Indonesia untuk lolos ke Qatar sangat besar. Apalagi kita bermain di kandang sendiri. Mari kita bekerja keras untuk mewujudkan hal itu,” kata Shin Tae-yong dikutip Solopos.com dari laman resmi PSSI, pssi.org, Selasa (29/8/2023).

Untuk lolos ke Piala Asia U-23, Indonesia wajib finis sebagai juara grup atau setidaknya merebut status empat runner-up terbaik.

Shin Tae-yong juga berharap jika nanti lolos ke putaran final Piala Asia U-23 Qatar, skuad Garuda bisa memberikan yang terbaik agar ambil bagian di Olimpiade Paris 2024. Tim yang lolos ke Olimpiade Paris yakni tiga tim teratas di Piala Asia U-23.

Oleh karena itu, Shin Tae-yong memanggil semua pemain terbaik yang berlaga di kompetisi dalam maupun luar negeri.  Pemain yang bermain di luar negeri yang dipanggil seperti Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Rafael William Struick (ADO Den Haag), Elkan William Tio Baggott (Ipswich Town), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), dan Ivar Jenner (FC Utrecht).

Pemain yang dipanggil lainnya adalah pemain yang berlaga di Liga 1 2023/2024 dan klub Liga 2. Ada satu pemain klub Liga 2 yang dipanggil yakni Nuri Agus Wibowo dari Bekasi FC.

Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 akan berlangsung pada 4-12 September. Seluruh duel di Grup K yang dihuni Indonesia bersama China Taipei/Taiwan dan Turkmenistan akan digelar di Stadion Manahan Solo.

Timnas U-23 Indonesia akan melawan China Taipei/Taiwan, Sabtu (9/9/2023), dan melawan Turkmenistan, Selasa (12/9/2023).

Meski Grup K hanya dihuni tiga tim, cara untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 tetap sama, yakni menjadi juara grup.

Nantinya, 11 juara grup plus empat runner-up terbaik akan lolos ke putaran final yang berlangsung di Qatar, 15 April-3 Mei 2024.

Sejak turnamen ini pertama kali digelar pada 2012, Indonesia belum pernah lolos ke putaran final. Keberhasilan meraih medali emas SEA Games 2023 tentu menjadi modal untuk lolos ke putaran final.

Daftar pemain untuk timnas U-23:

  1. Rafael William Struick – ADO Den Haag.
  2. Arkhan Fikri – Arema FC.
  3. Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi – Barito Putera.
  4. Nuri Agus Wibowo – Bekasi FC.
  5. Titan Agung Bagus Fawwazi – Bhayangkara Presisi FC.
  6. Komang Teguh Trisnanda – Borneo FC.
  7. Muhammad Fajar Fathur Rachman – Borneo FC.
  8. Daffa Fasya Sumawijaya – Borneo FC.
  9. Muhammad Taufany Muslihuddin – Borneo FC.
  10. Ivar Jenner – FC Utrecht.
  11. Elkan William Tio Baggott – Ipswich Town.
  12. Marselino Ferdinan – K.M.Z.K Deinze.
  13. Ernando Ari Sutaryadi – Persebaya Surabaya.
  14. Beckham Putra Nugraha – Persib Bandung.
  15. Rizky Ridho Ramadhani – Persija Jakarta.
  16. Muhammad Ferarri – Persija Jakarta.
  17. Doni Tri Pamungkas – Persija Jakarta.
  18. Muhammad Rayhan Hannan – Persija Jakarta.
  19. Ilham Rio Fahmi – Persija Jakarta.
  20. Muhammad Akbar Arjunsyah – Persija Jakarta.
  21. Witan Sulaeman – Persija Jakarta.
  22. Jeam Kelly Sroyer – Persik Kediri.
  23. Muhammad Ramadhan Sananta – Persis Solo.
  24. Alfeandra Dewangga Santosa – PSIS Semarang.
  25. Victor Benjamin Dethan – PSM Makassar.
  26. Hokky Caraka Bintang Bryliant – PSS Sleman.
  27. Pratama Arhan Alif Rifai – Tokyo Verdy.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya