SOLOPOS.COM - Pak Katon berkenan diambil gambarnya di kompleks Stadion Manahan Solo saat menyaksikan pertandingan timnas U-23 Indonesia vs timnas U-23 Taiwan pada Kualifikasi Piala Asia U-23, Sabtu (10/9/2023) malam WIB. (Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO — Publik sepak bola Tanah Air berduka setelah salah satu suporter bergaya nyentrik, Katon, 38, meninggal dunia karena sakit beberapa hari lalu.

Katon sempat viral beberapa waktu lalu karena bergaya nyentrik saat membela Tim Nasional Indonesia.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Ia melukis wajah sejumlah tokoh di badannya. Beberapa tokoh yang gambarnya pernah menghiasi badan Katon antara lain Ketum PSSI Erick Thohir, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka hingga Prabowo Subianto.

Badan bergambar Gibran menghiasi badan Katon saat Timnas U-23 Indonesia menjamu Taiwan dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 yang berakhir dengan skor 9-0 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (9/9/2023) malam WIB.

Saat itu tercatat ada 14.540 penonton menyaksikan laga Kualifikasi Piala Asia U-23 ini.

Dari belasan ribu penonton yang hadir di Manahan, Katon mencuri perhatian dan menjadi sasaran penonton untuk berfoto bersama.

Katon yang meninggal di usia 38 tahun berasal dari Dusun Buyutan, Kelurahan Ngalang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY.

Ketika itu, saat para penonton menggunakan pernik-pernik sepak bola ala Eropa seperti syal dan lain-lain, Katon memilih cara yang unik dengan bertelanjang dada.

Perutnya dibiarkan begitu saja tanpa pakaian. Katon menghiasi perutnya dengan lukisan bergambar Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang mengenakan jersey Indonesia berwarna merah.

Di sebelah gambar Gibran tersebut terdapat tulisan Kulo Nuwun Solo.

“Tadi mau kulo nuwun ke Mas Gibran tapi ternyata tidak datang. Beliau sosok Wali Kota Solo, ingin ketemu,” ujar Katon saat berbincang dengan Solopos.com, setelah laga Timnas U-23 Indonesia vs Timnas Taiwan.

Katon selalu menyempatkan diri menonton Timnas Indonesia setiap kali berlaga.

Bahkan, di laga ini Pak Katon datang langsung dari Surabaya setelah menyaksikan Timnas Indonesia senior vs Turkmenistan.

Katon juga membuat tulisan Erick Thohir di rambut bagian belakang kepalanya.

Dia mengaku mengagumi dua sosok ini, Gibran dan Erick Thohir. Katon juga sempat bersalaman dengan Erick Thohir.

Katon ini ternyata penggemar klub Liga Inggris, Manchester City. Ia bertekad terus menyaksikan Timnas Indonesia bertanding.

Katon mengaku penggemar berat Timnas Indonesia. Bahkan sejak ia masih di bagku SMP, selalu mendatangi lokasi pertandingan untuk menyaksikan langsung laga timnas Indonesia.

Katon juga hadir saat Timnas Indonesia menghadapi Timnas Argentina di SUGBK, Jakarta beberapa waktu yang lalu.

“Pokoknya di manapun (timnas Indonesia) berlaga, asal di Indonesia saya berusaha untuk hadir di stadion menyaksikan secara langsung,” kata Katon.

Presiden FIFA Berduka

Meninggalnya Katon, 38, suporter Timnas Indonesia yang bergaya nyentrik, beberapa hari lalu ternyata menarik perhatian Presiden FIFA Gianni Infantino.

Melalui akun Instagramnya, @gianni_infantino, Presiden FIFA mengatakan ikut kehilangan salah satu suporter fanatik asal Gunungkidul, D.I. Yogyakarta itu.

“Saya sangat sedih mengetahui meninggalnya Katon, penggemar berat permainan indah kami yang mendapat kehormatan untuk saya temui di Indonesia selama Piala Dunia U-17 2023,” tulis Gianni Infantino seperti dikutip Solopos.com, Rabu (28/2/2024).

Gianni Infantino sempat bertemu dengan Katon seusai partai final Piala Dunia U-17 yang mempertemukan Jerman versus Prancis.

Gianni tertarik melihat lukisan wajah Erick Thohir di badan Katon.



Sebagai informasi, Katon meninggal dunia karena sakit. Informasi meninggalnya Katon yang viral karena melukis wajah Erick Thohir saat Piala Dunia U-17 beberapa bulan lalu berawal dari unggahan sang Ketum PSSI tersebut.

“Turut berduka cita atas kepergian salah satu fans setia Timnas Indonesia, Mas Katon. Dedikasi dan totalitas Anda mendukung timnas begitu luar biasa. Selamat jalan Mas Katon,” tulis Ketua Umum PSSI Erick Thohir di laman resmi Instagramnya.

Tak hanya melukis wajah Erick Thohir di badannya, Katon pernah melukis wajah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Momentum itu terjadi pada laga Timnas U-23 Indonesia melawan Taiwan di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 yang berakhir dengan skor 9-0 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (9/9/2023) malam WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya