SOLOPOS.COM - Ketua Umum Erick Thohir (tengah) menyampaikan pernyataan saat acar simposium Presidium Nasional Suporter Sepakbola Indonesia (PNSSI) di Jakarta, Minggu (1/10/2023). (Istimewa/pssi.org).

Solopos.com, SOLO–Kelompok suporter yang tergabung dalam Presidium Nasional Suporter Sepakbola Indonesia (PNSSI) memberi tujuh rekomendasi kepada PSSI.

Rekomendasi itu terkait kepentingan suporter dan tuntutan adanya peran dalam Kongres PSSI.

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

PNSSI menyerahkan tujuh rekomendasi itu kepada Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat acara simposium di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Minggu (1/10/2023).

Pada kesempatan tersebut hadir anggota Komite Eksekutif Exco PSSI sekaligus Ketua Ad Hoc Suporter, Arya Sinulingga. Rekomendasi yang telah diterima Erick Thohir akan dibawa ke rapat Exco PSSI.

Dikutip Solopos.com dari laman resmi PSSI, pssi.org, Senin (2/10/2023), rekomendasi itu di antaranya menyangkut adanya perbedaan harga tiket antara penonton umum dan suporter, distribusi tiket, dan tuntutan agar suporter memiliki hak bicara saat Kongres PSSI.

“Kita menerima poin-poin yang nanti akan disampaikan kepada Exco PSSI. Kita dorong kesepakatan-kesepakatan ini untuk lakukan transformasi kepada suporter sepak bola Indonesia dan saya rasa ini komitmen,” kata Erick Thohir.

“Terima kasih suporter percaya transformasi karena ini kita sama-sama jaga diri kita, yang jelas kita cinta sepak bola Indonesia. Kita sama-sama bangun ya, jangan sendiri-sendiri membangun. Supaya kita bisa transformasi sepak bola Indonesia,” imbuh mantan Presiden Inter Milan itu.

Sementara itu, Ketua PNSSI Uki Nugraha atau akrab disapa Daeng Uki berharap rekomendasi yang diserahkan kepada PSSI menjadi momentum suporter untuk bersatu dan menyukseskan transformasi sepak bola Indonesia.

“Jadi mudah-mudahan apa yang teman-teman lakukan hari ini merupakan sebenarnya awal ya, tapi ini adalah titik kebangkitan suporter sepak bola Indonesia untuk sama-sama menyukseskan transformasi sepak bola Indonesia. Hebatnya lagi baru kali ini dapat Ketum [PSSI] seperti ini yang mau turun sama-sama kita,” ucap Uki Nugraha.

Dalam rangka transformasi sepak bola Indonesia, PNSSI akan membentuk badan hukum komunitas suporter pada 10 November mendatang, melaksanakan kongres tahunan pada 22 Februari 2024, dan workshop suporter Liga 1 dan Liga 2.

Berikut 7 poin rekomendasi suporter:

  1. Keamanan dan kenyamanan.
  2. Potongan atau perbedaan harga tiket dengan penonton umum dan suporter.
  3. Distribusi tiket harus mengutamakan dan memudahkan komunitas suporter yang sudah berbadan hukum.
  4. Klub harus membantu menyiapkan ruangan untuk komunitas suporter menyimpan alat-alat atau perlengkapan kreativitas di area stadion yang menjadi homebase masing-masing klub.
  5. Setiap pembelian tiket pertandingan sudah termasuk asuransi.
  6. Klub harus membantu pemberdayaan ekonomi dan kreativitas suporter.
  7. Suporter harus memiliki hak bicara pada saat kongres PSSI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya