SOLOPOS.COM - Pemain Persis Solo, Sutanto Tan bisa bermain di sejumlah posisi. (Istimewa/Persis)

Solopos.com, SOLO — Mencuri satu poin di Surabaya menjadi awal yang baik bagi caretaker Tithan Wulung Suryata yang menggantikan pelatih kepala Leonardo Medina.

Seperti diketahui, Persis Solo sukses menahan imbang Persebaya Surabaya dengan skor 1-1, dalam laga tunda di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (13/12/2023).

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Bahkan Laskar Sambernyawa layak menang lantaran gol Persebaya seharusnya tidak disahkan karena belum melewati garis gawang.

Dalam tayangan ulang televisi terlihat bola sundulan striker anyar Persebaya Henrique berhasil ditepis M. Riyandi lalu membentur tiang gawang dan memantul ke luar.

Dalam pertandingan ketat tersebut, nama Sho Yamamoto mencuri perhatian karena mencetak gol ke gawang mantan klubnya sekaligus menyelamatkan Persis dari kekalahan.

Tetapi sesungguhnya sosok penting dalam pertandingan tersebut adalah Sutanto Tan yang bekerja keras di lini tengah Persis Solo.

Pemain berusia 29 tahun itu seolah tidak punya rasa lelah dan terus berlari sepanjang laga.

Performa Sutanto Tan memang stabil dan nyaris tidak tergantikan di skuat Laskar Sambernyawa.

Hingga pekan ke-21 Liga 1 2023, Sutanto Tan menjadi pemain yang paling sering dimainkan.

Dikutip dari laman Transfermarkt, Sutanto Tan bermain sebanyak 1.751 menit dalam 20 laga. Di peringkat kedua ada Alexis Messidoro dengan 1.608 menit dari 20 laga.

Vitalnya peran Sutanto Tan di Persis Solo juga tercermin dari statistik lainnya.

Dikutip dari laman resmi klub, pemain bernomor punggung 22 itu mencatatkan 54 intersep untuk menghentikan serangan lawan.

Catatan ini lebih baik dari Diego Bardanca yang melakukan 52 kali intersep dan hanya kalah dari Jaimerson Xavier yang mempunyai 69 intersep.

Akurasi umpan Sutanto Tan juga berperan vital bagi Persis Solo.

Mantan pemain Hougang United, Singapura ini memiliki akurasi umpan cukup prima dengan 490 umpan sukses persen dari 597 percobaan (82 persen).

Persentase akurasi 82 persen jauh lebih baik dibanding Messidoro (76 persen).

Musim lalu, Sutanto Tan, mencatatkan menit bermain cukup lama yaitu 1.893 menit dan 26 kali sebagai pilihan utama Persis Solo.

Ia bermain di sejumlah posisi mulai gelandang bertahan, bek sayap hingga bek tengah.

Kualitas Sutanto Tan diakui oleh mantan Direktur Olahraga Persis Solo, Edwin Klok.

Edwin menyebut Sutanto Tan sebagai salah satu pemain penting yang dimiliki oleh Laskar Sambernyawa sejak musim lalu.

“Ia adalah salah satu pemain penting yang kita miliki, ia berkembang dengan sangat baik. Sutanto bermain dengan baik sebagai gelandang, namun juga berhasil menunjukkannya ketika ia menjadi pemain bertahan,” kata Klok.

Tak heran, Sutanto Tan kini menjadi pemain dengan durasi kontrak terlama di Persis Solo.

Ia masih terikat kontrak dengan Laskar Sambernyawa setidaknya hingga 2026.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya