SOLOPOS.COM - Skuad Timnas Indonesia berfoto jelang pertandingan penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 2023 melawan Timnas Maroko di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Kamis (16/11/2023). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, SOLO – Timnas Indonesia U-17 masih punya peluang lolos ke 16 besar Piala Dunia U-17 dengan sejumlah syarat. Seperti diketahui Indonesia harus mengakui keunggulan Maroko dengan skor 1-3 dalam laga terakhir babak penyisihan grup yang digelar pada Kamis (16/11/2023) di Stadion Gelora Bung Tomo.

Timnas Indonesia asuhan Bima Sakti memang masih memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar, tetapi  tergantung kepada tim lain.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Timnas Indonesia U-17 finis di peringkat tiga Grup dengan total raihan 2 poin dan selisih gol minus dua atau 3 kali mencetak gol dan kebobolan lima gol. Meskipun peluang lolos ke 16 besar melalui peringkat tiga terbaik sudah sulit, Indonesia masih punya harapan.

Bagaimana syarat Indonesia lolos 16 besar Piala Dunia U-17? Saat ini, Uzbekistan dari Grup B sudah memastikan diri, dan di Grup C dan D, Iran dan Jepang memiliki poin lebih banyak daripada Indonesia. Indonesia harus berharap Korea Selatan dan Burkina Faso di Grup E bermain imbang, sementara Selandia Baru dan Meksiko di Grup F bermain seri 0-0 pada Sabtu (18/11/2023).

Jika skenario ini terpenuhi, Korea Selatan akan menjadi peringkat tiga Grup E dengan 1 poin, dan Meksiko akan finis di posisi ketiga Grup F dengan 2 poin.

Meskipun raihan Meksiko dan Indonesia akan sama, tetapi Indonesia akan unggul dalam poin fair play karena hanya mendapatkan 4 kartu kuning dalam 3 pertandingan, sementara Meksiko sudah dihukum 6 kartu kuning dalam 2 laga. Dengan demikian, Indonesia akan finish di atas Korea Selatan dan Meksiko dalam klasemen peringkat tiga terbaik.

Di sisi lain, Timnas Indonesia U-17 tetap menjalani latihan pada Jumat (17/11/2023) di Surabaya.

Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti mengatakan timnya dalam kondisi baik dan siap berlaga di 16 besar jika akhirnya  lolos.

“Kondisi tim baik dan hari ini kami tetap normal berlatih. Latihan recovery untuk pemain yang bermain penuh 90 menit dan di atas 45 menit. Yang lainnya latihan normal sambil menjaga kondisi di gym,” kata Bima Sakti.

Dia menambahkan skuad tetap berada di Surabaya sambil menunggu seluruh pertandingan babak penyisihan yang berakhir.

Sementara itu, kapten Timnas Indonesia U-17 M Iqbal Gwijangge menyatakan bahwa dirinya sudah melupakan kekalahan melawan Maroko. Apalagi meski tipis, peluang lolos ke babak 16 besar masih ada.

“Seluruh pemain sudah melupakan hasil pertandingan semalam dan terus semangat. Kami harus siap dan fokus jika kami lolos ke babak 16 besar dengan status peringkat tiga terbaik,” kata Iqbal.

Peluang Indonesia lolos ke 16 besar Piala Dunia U-17 memang tipis, tetapi apabila syarat yang disebutkan di atas ternyata terpenuhi, skuad Bima Sakti tentu akan mendapat berkah melaju ke babak 16 besar tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya