SOLOPOS.COM - Kiper Persis Solo Muhammad Riyandi. (Instagram/persisofficial).

Solopos.com, SOLOPenjaga gawang Persis Solo yang juga penjaga gawang timnas Indonesia, Muhammad Riyandi, tampil memukau saat comeback perdana setelah absen tujuh bulan karena cedera parah di Derbi Jateng Persis Solo vs PSIS Semarang. Dia sempat gugup karena tampil perdana pada laga di Stadion Manahan Solo, Sabtu (16/9/2023) malam, yang dimenangi Laskar Sambernyawa dengan skor 2-0 itu.

Riyandi di pertengaha musim lalu mengalami cedera hamstring strain dengan ACL tear grade III dan meniscus tear sehingga harus menjalani pemulihan selama tujuh bulan.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Riyandi tampil tanpa kebobolan atau clean sheet di debutnya musim ini. Sejumlah penyelamatan ditunjukkan Riyandi seperti menit ke-24, menepis tendangan keras dari Gali Freitas.

Kemudian tendangan Fredyan Wahyu pada menit ke-33 juga bisa diantisipasi Riyandi. Di menit-menit akhir, Gali Freitas kembali menendang keras dan sukses ditangkap dengan mudah. Penyelamatan terakhir, pada menit ke-83, tendangan Taisei Marukawa berhasil ditepis Riyandi.

Dengan debut perdana di Liga 1 Indonesia pada pekan ke-12 ini, Riyandi mengaku berterima kasih kepada coach Leonardo Medina karena dipercaya kembali menjaga gawang Laskar Sambernyawa. Riyandi mengaku debutnya ini tak mudah setelah rehat melakukan pemulihan pasca cedera.

“Laga ini tidak mudah untuk saya. Saya sudah tujuh bulan tidak main bola karena bergelut dengan cedera. Alhamdulillah saya bisa kembali bermain,” kata Riyandi setelah pertandingan.

Riyandi juga mengaku sempat grogi bermain di hadapan 17.899 penonton. Apalagi laga ini penuh tekanan.

“Jujur pada menit awal saya sedikit tegang, kerena ini laga pertama saya. Tapi alhamdulilah bisa terlewatkan dan kita bisa mendapatkan hasil maksimal,” imbuh Riyandi.

Leonardo Medina mengaku bangga dan berterima kasih kepada seluruh pemain dan staf pelatih atas kemenangan Laskar Sambernyawa.

“Saya senang, saya berterima kasih kepada pemain dan staf pelatih yang berkerja lebih bagus. Laga ini sangat susah, PSIS bermain lebih bagus. Mereka bermain sangat bagus selama di Liga 1,” jelas dia.

Dengan kembalinya Riyandi, Leonardo memiliki tiga penjaga gawang andalan bersama dengan Gianluca dan Pancar Nur Widiastono.

“Saya punya tiga kiper nomor 1 [utama]. Tiga kiper itu latihan setiap hari dan berkembang lebih bagus. Dalam situasi berbeda, terkadang saya pikir bisa pilih satu kiper,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya