SOLOPOS.COM - Tim Nasional Irak secara mengejutkan mempecundangi Jepang 2-1 pada laga kedua Grup D Piala Asia Qatar 2023 di Education City Stadium, Jumat (19/1/2024) sore WIB. Mereka melajut ke Babak 16 Besar. (the-afc.com)

Solopos.com, DOHA — Tim Nasional Irak secara mengejutkan mempecundangi Jepang 2-1 pada laga kedua Grup D di Education City Stadium, Jumat (19/1/2024) sore WIB.

Dengan demikian, Irak memastikan tempat mereka di babak 16 besar Piala Asia AFC Qatar 2023.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Kemenangan ini membuat Irak mengumpulkan enam poin setelah sebelumnya menang atas Indonesia 3-1.

Laga terakhir versus Vietnam tidak berpengaruh bagi langkah mereka ke fase berikutnya.

Dikutip dari laman AFC, the-afc.com, Jumat malam, Irak memastikan kemenangan lewat dua gol di babak pertama dari Ayman Hussein membuat tim asuhan Jesus Casas menang 2-1 atas Jepang.

Hussein mencetak gol dengan sundulan di akhir babak pertama. Pertandingan dua tim tersebut didominasi oleh tim Irak yang bermain penuh semangat, menghidupkan kembali kenangan bersejarah pada tim yang menjuarai Piala Asia AFC 2007.

Tim Casas membangun fondasi kesuksesan mereka di awal permainan menghadapi Jepang yang merupakan juara empat kali Piala Asia.

Umpan tak tepat sasaran Takumi Minamino dari sisi kiri pada menit keempat jatuh di kaki Ali Jasim dan tendangan jarak jauhnya secara tidak meyakinkan ditepis oleh kiper Jepang, Zion Suzuki.

Kurang dari satu menit kemudian Irak unggul. Berawal dari kiper Suzuki yang mengarahkan umpan tengah Jasim tepat ke kepala Hussein, dan ia mengarahkan bola ke sudut atas.

Gol pertama ini membuat permainan Jepang kacau. Mereka seperti kesusahan menemukan ritme permainan terbaik.

Tendangan lemah Hiroki Ito dari jarak dekat tepat mengenai pelukan Jalal Hassan sedangkan percobaan tendangan overhead Wataru Endo masih melenceng dari sasaran.

Peluang terbaik Samurai Biru pada babak pertama terjadi pada menit ke-32 ketika Takefusa Kubo mengambil alih penguasaan bola di dekat lingkaran tengah dan memberikan umpan cepat ke depan kepada Takuma Asano.

Jepang menyesal tidak memanfaatkan waktu empat menit memasuki masa tambahan waktu ketika Irak menggandakan keunggulan mereka.

Ahmed Yahya melewati Yukinari Sugawara di dekat garis samping kanan sebelum melaju ke area penalti untuk memberikan umpan silang yang disundul Hussein ke gawang.

Kapten Jepang Endo mencetak gol melalui sundulannya tiga menit memasuki masa tambahan waktu namun tak menyelamatkan timnya dari kekalahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya