SOLOPOS.COM - Pemain Persis Solo Gavin Kwan Adsit berebut bola dengan fullback PSIS Semarang Gio Numberi dalam lanjutan Liga 1 2023 di Stadion Bantakan, Balikpapan, Minggu (17/3/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Persis Solo menegaskan diri sebagai tim terbaik di Jawa Tengah setelah melumat tuan rumah PSIS Semarang dengan skor 0-2 dalam lanjutan Liga 1 2023, di Stadion Batakan, Balikpapan, Minggu (17/3/2024).

Brace dari Moussa Sidibe di menit ke-5 dan 21 membuat Persis Solo meraih kemenangan tandang kedua musim ini melawan sang rival dalam laga derby. Kredit juga harus diberikan kepada Gianluca Pandeynuwu yang kembali mencatatkan nirbobol dan David ‘Roni’ Gonzales yang mengemas dua asis.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Persis Solo menjadi tim yang lebih baik di lapangan dibandingkan PSIS Semarang. Meskipun kalah penguasaan bola, Persis Solo lebih banyak mencetak peluang dengan lima kali percobaan tepat sasaran, berbanding satu dari PSIS Semarang.

Kunci dari Persis Solo di laga ini adalah kedisiplinan selama 90 menit. Gali Freitas, Taisei Marukawa, Rian Ardiansyah hingga Septian David Maulana, praktis tidak memiliki peluang berbahaya sepanjang laga. Pemain Persis Solo bermain menekan dengan garis cukup tinggi dan mengontrol tempo laga, memaksa PSIS Semarang tidak bisa menciptakan peluang.

PSIS Semarang membuat perubahan signifikan dengan memainkan Barnabas Sobor untuk menggantikan Wahyu Prasetyo yang terkena akumulasi kartu. Ini menjadi keuntungan bagi tim tamu, terbukti, sisi kiri pertahanan PSIS Semarang menjadi yang paling sering diteror.

Tim asuhan Gilbert Agius ini juga tidak memiliki jawaban dari serangan cepat Persis Solo sepanjang laga. Selain dua gol Sidibe, Persis Solo punya peluang setidaknya membuat kedudukan menjadi 3-0 melalui David Gonzales dan Arkhan Kaka yang masuk di babak kedua. 

Gali Freitas dan Ryan Ardiansyah yang diharapkan menjadi pembeda bagi tuan rumah, juga tidak mampu berbuat banyak di pertandingan ini.

Dengan hasil ini, Persis Solo melanjutkan tren kemenangan semenjak dilatih Milomir Seslija. Kemenangan kelima dari tujuh laga di bawah Coach Milo, membuat Persis Solo kokoh di posisi ke-8 klasemen sementara dengan 41 poin, sekaligus mengintip peluang masuk ke championship series sebagai empat tim teratas. Laskar Sambernyawa hanya tertinggal lima poin dari Madura United yang berada di posisi ke-4 dengan lima laga tersisa.

Sedangkan untuk PSIS Semarang, membuat mereka sementara ini tertahan di posisi ke-5 klasemen dan gagal menggeser Madura United. Ini juga menjadi kekalahan secara back to back dalam laga Derby Jateng. Pangeran Biru juga harus bekerja keras di lima laga sisa jika ingin masuk ke championship series musim ini.

 

Susunan pemain

PSIS Semarang (4-3-3)

Adi Satryo; Gio Numberi, Barnabas Sobor, Lucas Gama, Fredyan Wahyu; Alfeandra Dewangga, Boubakary Diarra, Rian Ardiansyah; Taisei Marukawa, Septian David Maulana, Gali Freitas

Pelatih: Gilbert Agius

Persis Solo (4-3-3)

Gianluca Pandeynuwu; M. Faqih Maulana, Rian Miziar, Jaimerson Xavier, Eky Taufik; Sho Yamamoto, Gavin Kwan Adsit, Alexis Messidoro; Althaf Indie, David Gonzales, Moussa Sidibe

Pelatih: Milomir Seslija

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya