SOLOPOS.COM - Penyerang Persija Jakarta Marko Simic melakukan selebrasi seusai mencetak gol saat melawan Bhayangkara Presisi Indonesia FC pada pekan ketiga Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu (16/7/2023). Persija menang 4-1. (Instagram/@persija).

Solopos.com, SOLO–Penyerang asal Kroasia Marko Simic dikabarkan memperoleh gaji cukup besar dari Persija Jakarta.

Menjelang bergulirnya Liga 1 2023/2024 pada 1 Juli lalu, Persija Jakarta membuat kejutan. Macan Kemayoran mengumumkan Marko Simic kembali ke Jakarta dengan kontrak berdurasi dua tahun.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Pencinta sepak bola Tanah Air kaget karena tak menyangka bomber 35 tahun itu kembali ke klub lamanya. Sebab, Marko Simic sebelumnya menghadapi masalah dengan klub Ibu Kota itu terkait dengan pembayaran gaji.

Marko Simic mengkhiri kontrak secara sepihak pada April 2022 karena Persija dianggapnya tak membayarkan gajinya selama setahun sesuai perjanjian.

Persija membantah. Simic lalu membawa masalah itu ke FIFA. Federasi Sepak Bola Dunia itu akhirnya memenangkan gugatan Marko Simic dengan menghukum Persija Jakarta membayar Simic senilai Rp7 miliar. Uang itu merupakan gaji, bonus, dan bunga setiap 5%.

Saat resmi kembali bergabung dengan Riko Simanjuntak dan kawan-kawan, Marko Simic menyampaikan tak ingin melihat masa lalu. Dia berambisi membawa Persija kembali berjaya.

Pada periode pertama saat itu, mantan ujung tombak timnas Kroasia U-21 itu mempersembahkan sejumlah gelar untuk Persija di antaranya gelar Piala Presiden 2018, Boost Fix Super Cup 2018, Liga 1 2018, dan Piala Menpora 2021.

Lantas berapa gaji Marko Simic di Persija Jakarta pada periode kedua ini? Berikut ini ulasannya.

Hingga saat ini, manajemen Persija Jakarta tak mengumumkan gaji mantan penyerang klub Malaysia Melaka United. Namun, becermin pada periode pertama bergabungnya Marko Simic, Persija diketahui memberi gaji Marko Simic mencapai Rp400 juta per bulan.

Hal itu diketahui dari perincian yang disampaikan dalam dokumen yang dirilis Dispute Reslution Chamber (DRC) FIFA yang berisi putusan gugatan Marko Simic atas masalah yang dihadapi dengan Persija dulu.

Berdasar putusan FIFA itu, Persija harus membayar Marko Simic total senilai US$457,217 atau sekitar Rp 7 miliar. Uang itu meliputi gaji, bonus, dan bunga setiap 5%.

Menurut dokumen tersebut, gaji bulanan Marko Simic mencapai US$26.000 atau sekitar Rp400 juta. Itu merupakan gaji pokok selama sebulan.

Dalam kontrak baru yang ditandatangani pada 10 Januari 2020, Marko Simic juga mendapatkan bonus dan beberapa benefit.

Hingga saat ini belum diketahui apakah gaji Marko Simic saat ini sama dengan sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya