SOLOPOS.COM - Pemain bola Timnas Indonesia berfoto bersama sebelum melawan Timnas Austalia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu (28/1/2024). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Bek Timnas Vietnam Do Duy Manh melakukan psywar dengan menyinggung program naturalisasi yang dilakukan PSSI kepada sejumlah pemain keturunan yang tinggal di Belanda.

Menurut Do Duy Manh, pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 21 Maret mendatang timnya bukan menghadapi Indonesia melainkan Belanda.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Hal itu merujuk pada banyaknya pemain naturalisasi di Skuad Garuda.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut komentar pemain Vietnam itu sebagai bentuk kekaguman kepada Timnas Indonesia saat ini.

Dari 28 skuad Timnas Indonesia yang diumumkan pelatih Shin Tae-yong untuk melawan Vietnam, ada delapan pemain naturalisasi yang telah merampungkan proses perpindahan kewarganegaraan dengan tujuh di antaranya memiliki darah Belanda.

Ketujuh pemain tersebut adalah Sandy Walsh, Justin Hubner, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Marc Klok, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

Komentar Do Duy Manh dengan nada meledek itu ditanggapi Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Bek Timnas Vietnam berusia 27 tahun itu mengaku bingung apakah timnya akan melawan Indonesia atau Belanda dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 21 dan 26 Maret mendatang.

Menanggapi sindiran dari bek Vietnam, Ketum PSSI Erick Thohir tidak ingin terbawa perasaan.

BUMN itu balik bercanda mengatakan sindiran dari Do Duy Manh bukan psywar namun adalah bentuk kekaguman melihat kualitas Timnas Indonesia yang semakin kuat.

“Mungkin mereka bingung Indonesia di bawah kepemimpinan saya makin bagus gitu,” kata Erick Thohir seperti dikutip Solopos.com, Jumat (15/3/2024).

Erick membandingkan sikap serupa yang diperlihatkan suporter Timnas Indonesia ketika melihat kekuatan Vietnam meningkat beberapa tahun lalu.

“Sama ketika kita juga melihat Vietnam, mungkin 5-6 tahun lalu bingung kita, kenapa mereka bagus,” tambahnya.

“Orang kita pernah bingung mereka bagus banget, kok enggak boleh mereka bingung juga melihat kita, gantian gitu,” ucap Erick.

Timnas Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah terlebih dahulu melawan Vietnam pada 21 Maret 2024.
Lima hari berselang, skuad Garuda gantian bertandang ke markas Vietnam untuk melakoni matchday keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Jelang pertemuan kontra Vietnam, Indonesia memiliki modal bagus.

Pasalnya, anak asuh Shin Tae-yong mampu membungkam The Golden Stars dengan skor 1-0 di fase grup Piala Asia 2023 Qatar, Januari lalu.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Naturalisasi Timnas Indonesia Diledek Bek Vietnam, Erick Thohir Buka Suara”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya