SOLOPOS.COM - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kiri) bersama pemain Indonesia, Ivar Jenner, menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Indonesia setelah Indonesia menang 2-0 di babak penentuan kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/9/2023) malam. (Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman).

Solopos.com, SOLO–Pelatih timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong (STY) mengapresiasi kerja keras skuad asuhannya yang berbuah kemenangan 2-0 saat melawan Turkmenistan pada laga kedua Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/9/2023) malam.

Pada jumpa pers seusai laga, Shin Tae-yong mengucapkan terima kasih kepada pemain yang sudah berjuang keras dan menunjukkan performa terbaik mereka. Kemenangan ini memastikan timnas U-23 lolos ke putaran final Piala Asia U-23 Qatar tahun depan.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

“Kami bermain menekan dan secara keseluruhan sangat baik,” kata pelatih asal Korea Selatan itu.

Di tempat yang sama, gelandang timnas U-23 sang pencetak gol pertama, Ivar Jenner, menyebut gol perdananya dipersembahkan untuk Indonesia.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersyukur Marselino Ferdinan dan kawan-kawan dapat memberikan hasil terbaik bagi Indonesia.

“Alhamdulillah kita lolos Piala Asia U-23 untuk pertama kali sepanjang sejarah. Ini bukti kalau kita bisa,” ujar mantan Presiden Inter Milan itu.

Erick juga mengapresiasi perjuangan Garuda Muda yang tampil begitu tenang dan tidak terpancing provokasi lawan.

“Selamat kepada seluruh pemain, pelatih, dan ofisial, kalian layak mendapatkannya setelah berjuang begitu keras, baik dalam latihan maupun pertandingan,” ucap Erick.

Kemenangan ini membawa timnas u-23 keluar sebagai juara Grup K unggul dari Turkmenistan di peringkat kedua dan China Taipei di posisi buncit.

Skuad asuhan Shin Tae-yong bermain menekan sejak menit awal. Meskipun Indonesia hanya perlu hasil imbang, tetapi Pratama Arhan dan kolega terus menekan.

Tampil di hadapan sekitar 15.800 penonton, Garuda Muda baru bisa mencetak gol menit ke-40 lewat Ivar Jenner. Gol ini menjadi pemicu permainan terbuka Turkmenistan yang semula hanya bertahan.

Pada babak kedua, Indonesia terus membangun serangan. Namun, tim Merah Putih baru bisa menambah keunggulan menit ke-93 lewat sundulan Arhan Pratama memanfaatkan umpan lambung Rayhan Hanan.

Arhan lantas melakukan selebrasi unik dengan membuka jersey bertuliskan nama istri, Azizah, dengan tanggal pernikahan mereka, 20-8-2023.

Di laga sebelumnya, melawan China Taipei, Arhan juga berselebrasi unik dengan menggunakan simbol jari membentuk huruf A.  Hingga peluit panjang, Indonesia unggul 2-0 dari Turkmenistan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya