SOLOPOS.COM - Striker Irak, Aymen Hussein, mendapatkan kartu kuning kedua yang berlanjut kartu merah saat merayakan golnya ke gawang Yordania pada menit ke-75, Minggu (28/1/2024). Irak tersingkir dari Piala Asia 2023. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Laga Irak kontra Yordania di babak 16 Besar Piala Asia Qatar 2023 memberi pelajaran berharga bahwa selebrasi berlebihan bisa berbuah bencana.

Striker Irak, Aymen Hussein, mendapatkan kartu kuning kedua yang berlanjut kartu merah saat merayakan golnya ke gawang Yordania pada menit ke-75.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Gaya selebrasi makan Hussein yang juga dua kali menjebol gawang Timnas Indonesia itu terjadi saat Irak unggul 2-1 atas Yordania.

Malang bagi Irak. Hussein diusir keluar oleh wasit ketika pertandingan masih menyisakan 15 menit waktu normal.

Keunggulan pemain itu dimanfaatkan dengan baik oleh Yordania. Mereka mencetak dua gol dalam masa perpanjangan waktu atau injury time.

Yordania pun lolos ke perempatfinal sementara Irak yang mengalahkan Indonesia, Vietnam dan Jepang di fase grup harus tersingkir secara menyesakkan dari Piala Asia.

Duel dua tim kuat itu digelar di Khalifa International Stadium, Senin (29/1/2024) malam WIB.

Dikutip Solopos.com dari the-afc.com, Yordania unggul 1-0 di babak pertama lewat gol Yazan Al-Naimat.

Para pemain Yordania merayakan gol itu dengan selebrasi bak makan bersama di pinggir lapangan.

Babak kedua dimulai, Irak lantas menyamakan kedudukan di menit ke-68 lewat gol Saad Natiq.

Tak hanya itu, Irak yang mengalahkan Jepang berbalik unggul 2-1 lewat tembakan striker Aymen Hussein.

Hussein yang menjebol gawang Ernando di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan fase grup Piala Asia itu lalu melakukan selebrasi dengan duduk bersila dan tangannya menyerupai orang makan di lapangan.

Gaya itu seperti membalas selebrasi gol Yordania sebelumnya.

Anehnya, selebrasi itu diganjar kartu kuning oleh wasit Alireza Faghani. Belum diketahui penyebab wasit mengeluarkan kartu kuning kedua untuk Hussein tersebut.

Striker 27 tahun itu diusir keluar lapangan dan Irak harus bermain dengan 10 pemain.

Skuad Irak sempat memprotes keputusan Faghani namun gagal.

Unggul jumlah pemain, Yordania menggebrak di sisa waktu yang ada. Upaya tak mengkhianati hasil. Gol kedua Yordania akhirnya datang di injury time melalui Yazan Al-Arab.

Tak hanya itu, Yordania sukses menambah gol di menit ke-90+7 lewat bola tendangan jarak jauh Nizar Al-Rashdan. Yordania pun menang 3-2 dan lolos ke perempatfinal Piala Asia.

Kekalahan dari Yordania membuat Irak angkat koper menyusul Timnas Indonesia dan Uni Emirat Arab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya