SOLOPOS.COM - Bek tengah berusia 20 tahun yang bermain di klub Telstar U-21, Damian van Dijk. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Pembenahan besar-besaran di PSSI serta kinclongnya prestasi Timnas Indonesia beberapa waktu terakhir kian menarik minat pesepak bola keturunan untuk kembali ke tanah leluhur mereka.

Bek tengah berusia 20 tahun yang bermain di klub Telstar U-21, Damian van Dijk, menjadi pemain terbaru yang sedang berproses menjadi warga negara Indonesia.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Damian Van Dijk mengaku sudah menjalin komunikasi dengan PSSI untuk melakukan proses naturalisasi.

Ia sangat antusias bisa segera memperkuat Garuda Asia.

Damian van Dijk, memiliki darah Indonesia dari sang ayah yang berasal dari Bogor sedangkan ibunya asli dari Belanda.

Pemain kelahiran Haarlem, Belanda ini sebenarnya sudah masuk radar Shin Tae-yong pada 2022 untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2023.

Namun prosesnya urung berlanjut karena Timnas Indonesia U-20 gagal berlaga.

Pemain setinggi 191 sentimeter ini dalam siniar bersama Yussa Nugraha yang dikutip Solopos.com, Rabu (12/6/2024), mengatakan sudah menjalin kembali komunikasi dengan PSSI.

Ia mengatakan, sangat bersedia untuk melanjutkan proses naturalisasinya.

“Tahun lalu, saya bicara dengan Pak Hamdan [Hamdan Hamedan, perwakilan PSSI] selama beberapa kali dan juga pernah meeting dengan pemain-pemain lain juga. Mereka [PSSI] pernah datang ke klub untuk menonton latihan. Saya harap mereka akan datang lagi untuk melihat permainan saya dan melihat beberapa pertandingan juga. Saya yakin 100% mereka akan antusias denganku dan juga memulai proses naturalisasiku,” ucapnya.

Damian van Dijk juga optimis PSSI akan kembali tertarik untuk melanjutkan proses naturalisasinya.

Ia ingin menunjukkan dirinya layak berseragam Garuda Asia di kemudian hari, sekaligus membantu Timnas Indonesia berkembang lebih baik.

“Tentu saya terbuka untuk bisa bermain bagi Timnas Indonesia dan menjadi pemain yang lebih baik dengan itu. Saya juga ingin memberikan pengalaman saya agar Timnas Indonesia jadi lebih baik. Tentu akan luar biasa jika kami bisa saling membantu, kalau saat ini belum bisa [memperkuat Timnas Indonesia] saya akan bekerja keras agar mereka tertarik dengan saya,” tegasnya.

Dikutip dari Transfermarkt, Damian van Dijk merupakan pemain multiposisi.

Ia bisa bermain sebagai bek tengah, fullback kanan hingga gelandang bertahan. Tinggi badannya membuat ia tangguh dalam duel-duel udara.

Ia juga berkesempatan untuk bisa memperkuat Telstar senior musim depan.

Kontrak Damian masih akan berlanjut di musim 2024/2025. Ia juga pernah bertemu Ivar Jenner dalam sebuah laga antara Telstar U-21 melawan Utrecht U-21.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya