SOLOPOS.COM - Pemain Timnas Indonesia, Marcelino Ferdinan (kanan), berselebrasi bersama Pratama Arhan (kiri) seusai mencetak gol ke gawang Chinese Taipei pada pertandingan Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2024 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (9/9/2023). Timnas Indonesia menang atas Chinese Taipei dengan skor 9-0. (Antara/Mohammad Ayudha)

Solopos.com, SOLO – Timnas U-23 Indonesia berhasil memberikan kado manis di Hari Olahraga Nasional (Haornas) setelah menang 9-0 dari Taiwan di Stadion Manahan Solo pada Sabtu (9/9/2023). Terdapat fakta unik seusai pertandingan tersebut timnas U-23 Indonesia serba 9 yaitu menang dengan skor 9-0, di tanggal 9 dan bulan 9 atau September.

Gol kemenangan timnas Indonesia dicetak oleh Marselino Ferdinand (2′, 57), Ramadhan Sananta (6′), Rafael Sturick (19′), Witan Sulaeman (30′), Ilham Rio (40′), Elkan Baggott (56), Hokky Caraka dan (79′) Pratama Arhan (84′)

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Hasil tersebut membuat Indonesia untuk sementara memimpin Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 karena menang selisih gol dari Turkmenistan di peringkat kedua.

Indonesia masih harus menjalani satu laga melawan Turkmenistan, Selasa (12/9/2023) malam WIB untuk lolos tim ke putaran final Piala Asia U-23.

Bermain di hadapan 14,540 suporter (catatan resmi panitia), Timnas Indonesia langsung mendominasi sejak menit awal. Sesuai prediksi, Indonesia langsung menekan. Marselino Ferdinan langsung membuka keunggulan Indonesia menit ke-2 lewat tendangan bebas mendatarnya.

Ramadhan Sananta menambah keunggulan pada menit ke-6 setelah berhasil merebut bola dari pemain bertahan Taiwan.

Striker Persis Solo itu kembali mendapat peluang emas menit ke-9. Menerima umpan dari Pratama Arhan dari sisi kiri, Sananta yang tinggal berhadapan dengan kiper Taiwan gagal menceploskan si kulit bundar ke gawang. Tendangannya hanya melambung di atas mistar.

Terus menyerang dengan menggunakan umpan-umpan terobosan Indonesia mencetak  gol-3 nya lewat Rafael Sturick menit ke 19.  Memasuki menit ke-30 Indonesia mencetak gol keempat lewat kaki Witan Sulaeman setelah menerima umpan matang Ivar Jenner.

Gol ke-5 Indonesia lahir pada menit ke 40 lewat sepakan keras Ilham Rio setelah menerima sodoran dari Witan Sulaeman di sisi kiri pertahanan Taiwan.

Di babak kedua, Indonesia terus menekan. Pelatih Taiwan Tseng Tai-Lin langsung mengganti Ng Pui-Hei dengan Lai Wei. Sementara Shin Tae-Yong melakukan recovery dengan menarik Ramadhan Sananta digantikan Hokky Caraka.

Gol pada babak kedua dibuka oleh Elkan Baggott pada menit me-56. Memanfaatkan sepak pojok Arkhan Fikri, pemain naturalisasi itu berhasil membuat Indonesia unggul 6-0.

Semenit berselang Marcelino Ferdinand menambahkan jumlah gol Indonesia dalam pertandingan ini menjadi 7-0. Timnas Indonesia kembali melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Kapten Kesebelasan Rizky Ridho dan Ivar Jenner digantikan Komang Teguh dan Muhammad Rayhan.

Memasuki 15 menit akhir pelatih timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-Yong, kembali melakukan recovery dengan menarik keluar Witan Sulaeman dan Marcellino Ferdinand serta memasukkan Muhammad Fajar dan Jeam Jelly Sroyer.  Hokky Caraka mencetak gol keduanya pada menit ke 79 untuk menambah keunggulan Indonesia menjadi 8-0.

Taiwan melakukan pergantian pemain 3 menit berselang. Kuo Ping Sheng dan Chen Shin-Hsun masuk menggantikan Lin Chun Kay dan Chao Wei-Chen.

Timnas Indonesia memantapkan kemenangan dengan 9 gol lewat Pratama Arhan menit ke-84. Hasil akhir Indonesia vs Taiwan, 9-0.

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, mengapresiasi kerja keras skuadnya. Dia ingin betepuk tangan kepada pemain. Baik dalam kerja keras pertamdingan dengan skor hari ini.

“Ini menunjukkan bahwa sepak bola berkembang. Sekali lagi terima kasih kerja kerasnya,” ujar STY sapaan akrabnya dalam konferensi pers seusai pertandingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya