SOLOPOS.COM - Sejumlah pesepakbola Timnas Indonesia melakukan latihan di Stadion Al Egla 4, Lusail, Qatar, Sabtu (13/1/2024). Timnas Indonesia akan menghadapi Timnas Iraq dalam pertandingan perdana group D Piala Asia 2023 di Qatar pada Senin (15/1/2024). ANTARA FOTO/Yusran Uccang/nym.

Solopos.com, DOHA — Timnas Vietnam diunggulkan dalam laga kedua Grup D Piala Asia Qatar 2023 versus Indonesia, Jumat (19/1/2024) ini.

Laman resmi AFC, the-afc.com, menyebut akurasi passing Timnas Indonesia sebesar 70%, terendah dibandingkan tim-tim lain di Grup D Piala Asia yakni Irak dan Jepang.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Akurasi passing Vietnam mencapai 81%. Bahkan pemain Vietnam, Nguyen Thái Son memiliki akurasi 98% dari 59 operannya saat melawan Jepang, beberapa hari lalu.

“Indonesia mempunyai akurasi passing sebesar 70% pada matchday pertama (versus Irak), yang merupakan angka terendah dibandingkan akurasi passing lainnya di Grup D dan satu-satunya dari empat tim di grup di bawah 80% (Vietnam 81%),” tulis AFC seperti dikutip Solopos.com, Jumat malam.

Duel Vietnam melawan Indonesia menjadi satu dari lima laga yang paling di Piala Asia 2023.

Rivalitas kedua negara sebagai sesama wakil Asia Tenggara di Piala Asia membuat tensi pertandingan bakal tinggi.

Pertandingan malam ini akan menjadi pertama kalinya bagi Indonesia dan Vietnam di Piala Asia.

“Tidak akan ada margin untuk kesalahan bagi kedua tim ketika Vietnam menghadapi rival Asia Tenggara Indonesia di Grup D Piala Asia AFC Qatar 2023 pada hari Jumat,” lanjut AFC.

Sebagai informasi, Vietnam dan Indonesia sama-sama kalah di laga perdana Grup D.

Vietnam kalah 4-2 dari Jepang di matchday pertama sedangkan Indonesia dikalahkan 3-1 oleh Irak.

Vietnam tidak terkalahkan dalam enam pertandingan internasional terakhir melawan Indonesia, bahkan menjaga clean sheet di empat pertemuan terakhir.

“Vietnam telah mencetak dua gol dalam tiga dari empat pertandingan penyisihan grup terakhir mereka di Piala Asia tetapi kalah dalam tiga pertandingan tersebut. Faktanya, mereka telah mencetak setidaknya satu gol dalam 11 dari 13 pertandingan penyisihan grup sepanjang sejarah turnamen tetapi hanya menang dua kali dalam periode tersebut,” lanjut AFC.

Sementara Indonesia kalah dalam tiga pertandingan terakhirnya di Piala Asia sejak 2004, termasuk kekalahan 3-1 dari Irak pada matchday pertama Grup D, Senin (15/1/2024) lalu.

Namun Garuda mempunyai catatan cukup bagus yakni mencetak setidaknya satu gol dalam empat dari lima pertandingan terakhir di turnamen.

Perkiraan susunan pemain:

Timnas Indonesia (3-4-3):

Ernando Ari (kiper): Sandy Walsh, Jordi Amat, Justin Hubner, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Egy Maulana Vikri, Yakob Sayuri, Rafael Struick.

Pelatih: Shin Tae-yong

Vietnam (3-5-2)

Flip Nguyen; Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Anh, Nguyen Thanh Binh; Vo Min Trong, Nguyen Tuan Anh, Nguyen Tai Sonh, Pham Xuan Manh; Nguyen Dinh Bac, Do Hung Dung; Pham Tuan Hai

Pelatih: Philippe Troussier

Head to head

Kualifikasi Piala Dunia 2022, 15 Oktober 2019:  Indonesia 1-3 Vietnam

Kualifikasi Piala Dunia 2022, 7 Juni 2021: Vietnam 4-0 Indonesia

Piala AFF, 15 Desember 2021:  Indonesia vs Vietnam

Piala AFF, 6 Januari 2023: Indonesia 0-0 Vietnam



Piala AFF, 9 Januari 2023: Vietnam 2-0 Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya