SOLOPOS.COM - Warga Indonesia Maryanto, 61, mengikuti Spartathlon Ultra Race 2023 di Yunani. (Istimewa/Bisnis.com).

Solopos.com, SOLO–Sedang viral di media sosial, seorang lelaki asal Indonesia berusia 61 tahun berhasil menyelesaikan lomba di ajang spartathlon yang digelar di Athena, Yunani.

Lelaki tua dalam video yang viral itu adalah Maryanto, lansia berusia 61 tahun yang berhasil menempuh jarak 246 km dalam waktu 18 jam, 56 menit, dan 38 detik.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Spartathlon Ultra Race 2023 mungkin masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Sebab, cabang olahraga ini tidak dipertandingan di beberapa event, termasuk SEA Games atau Asian Games.

Namun, di Yunani cabang olahraga ini termasuk seni kuno yang pantas dipertahankan karena masih memiliki banyak peminat dari seluruh penjuru dunia.

Sesuai dengan namanya, Spartathlon Ultra Race 2023 mengharuskan para peserta berlari dari Athena menuju Sparta dengan jalur sejauh 246 km dalam kurun waktu 36 jam saja atau kurang dari dua hari. Pada 2023 ini, ada dua orang Indonesia yang ikut serta yakni Maryanto dan Junita, 37.

Maryanto jadi perbincangan lantaran videonya viral di media sosial. Detik-detik Maryanto mencapai garis finish begitu dramatis. Menjelang akhir perlombaan, Yanto yang sudah tidak muda ini bahkan sampai harus berjalan dengan postur miring.

Tubuhnya tampak seperti sudah memintanya istirahat, namun semangatnya untuk menyelesaikan lomba ini membuatnya bertahan. Maryanto kemudian menerima penghargaan dari panitia dan berfoto sambil dengan bangga memengang bendera Merah Putih di tanah Yunani. Video singkatnya dapat dilihat di sini.

Tapi tahukah kamu, Maryanto ternyata bukan orang sembarangan. Maryanto memiliki nama H. Sardjimin Maryanto. Dia merupakan pendiri Lembaga Seni Pernapasan (LSP) Satria Nusantara.

Sesuai dengan namanya, LSP Satria Nusantara mengajarkan seni pernapasan tubuh untuk menunjang kesehatan. Dalam latihan pernapasan, anggota diajarkan beragam jurus Satria Nusantara.

Setiap jurus diberikan secara bertahap, dimulai dari gerakan pradasar, dasar, pengendalian halus (PH) jurus 1-10, gabungan jurus 1-7, pengendalian keras (PK) jurus 1-10, gabungan pengendalian keras (GPK) jurus 1-4, dan penjuru jurus 1-10.

Keberhasilan Maryanto ini membuat netizen geger dan mengatakan akan berguru dengan beliau di Lembaga Seni Pernapasan (LSP) Satria Nusantara.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Kenalkan Maryanto, Lansia 61 Tahun yang Sukses Selesaikan Spartathlon Ultra RACE 2023, Tempuh 246 Km dalam 18 Jam”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya