SOLOPOS.COM - Ramadhan Sananta merayakan golnya ke gawang Vietnam bersama Egy Maulana Vikri, Selasa (26/3/2024) waktu Hanoi. (IG @m.ramadhansn)

Solopos.com, HANOI — Satu gol Ramadhan Sananta ke gawang Filip Nguyen membawa striker Persis Solo ini sejajar dengan penyerang Liverpool, M. Salah di daftar top skor sementara Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan koleksi 4 gol.

M. Salah adalah bintang Liverpool yang juga penyerang andalan Timnas Mesir.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Ramadhan Sananta kini menjadi pemain Timnas Indonesia yang paling banyak mencetak gol sepanjang Kualifiaksi Piala Dunia 2026, disusul Dimas Drajad dengan tiga gol.

Catatan Ramadhan Sananta hanya kalah dari Darwin Nunez, Ayase Ueda, Wu Lei, Musa Al Taamari (lima gol), dan Almoez Ali dengan tujuh gol.

Catatan empat gol Ramadhan Sananta itu lebih baik dibandingkan perolehan Lionel Messi, David Trezeguet hingga Suphanat Mueanta dengan tiga gol.

Satu gol Sananta di laga melawan Vietnam di My Dinh Stadium, Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3/2024), mengunci kemenangan Indonesia dengan skor 0-3.

Kemenangan ini menghentikan kutukan tidak pernah menang di My Dinh Stadium selama 20 tahun sejak 2004 silam.

Gol Indonesia dikemas Jay Idzes di menit ke-9, Ragnar Oratmangoen di menit ke-23 dan Ramadhan Sananta pada injury time babak kedua.

Selepas laga, Shin Tae-yong menceritakan proses panjang yang dilalui Timnas Indonesia untuk bisa tampil gemilang sejak Piala Asia awal tahun ini.

“Sejak saya bergabung dengan Timnas Indonesia, dalam dua tahun pertama itu Covid-19 dan sulit bagi saya untuk membentuk tim yang solid. Dua tahun berlalu jadi momentum membangun kembali Indonesia. Pemain sudah paham cara bermain, filosofi, cara latihan dan skema saya. Jadi permainan kami lebih stabil, saya tidak berpikir Vietnam lebih lemah, saya berpikir mereka punya PR-nya sendiri. Kami beruntung bisa menciptakan situasi [yang berbuah tiga gol] tersebut,” ucapnya dalam jumpa pers pascalaga di My Dinh Stadium, Selasa (26/3/2024).

Dengan hasil ini, Indonesia hanya butuh satu kemenangan lagi untuk bisa memastikan lolos ke babak ketiga Piala Dunia 2026 dan lolos otomatis ke Piala Asia 2027.

Garuda Asia saat ini berada di posisi ke-2, mengemas tujuh poin dari empat laga, tertinggal enam poin dari Irak yang mengemas 13 poin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya