SOLOPOS.COM - Dimitris Kolovos pemain baru Dewa United. (Istimewa/ligaindonesiabaru.com).

Solopos.com, SOLO–Sebanyak 108 pemain asing membela 18 klub Liga 1 2023/2024 hingga batas akhir jendela transfer Juli 2023 ini (pekan kelima kompetisi), berikut pemain asing dengan nilai pasar tertinggi atau termahal.

Dikutip Solopos.com dari data laman, transfermarkt.co.id, Sabtu (29/7/2023), total terdapat 620 pemain di seluruh tim kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Tanah Air ini. Sebanyak 108 di antaranya merupakan pemain asing.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Sesuai regulasi, setiap tim memiliki enam slot atau kuota pemain asing yang terdiri atas lima pemain berkewarganegaraan bebas dan satu pemain dari Asia Tenggara atau ASEAN. Dengan demikian seluruh tim di Liga 1 musim ini memaksimalkan kuota yang dimiliki.

Tidak bisa dimungkiri pemain asing memiliki nilai pasar tinggi, lebih tinggi dari pemain lokal pada umumnya. Lantas siapa saja pemain asing termahal atau yang memiliki harga pasar tertinggi di Liga 1 musim ini? Berikut ulasannya.

1. Dimitrios Kolovos

Dengan nilai pasar Rp10,43 miliar, pemain Dimitrios Kolovos menjadi legiun asing termahal di Indonesia saat ini.

Pemain asing dari Yunani ini didatangkan Dewa United dari Panetolikos dengan status free transfer. Partisipasinya di Dewa United saat ini merupakan musim pertamanya di Liga 1.

Sebenarnya, nilai jual Kolovos menurun dalam dua musim terakhir. Pada musim 2021/2022 lalu, Kolovos bermain untuk Sheriff Tiraspol, tim Divizia Nationala (Moldova) dan berlaga di Liga Champions. Kolovos mampu membikin gol ke gawang Real Madrid.

2. Matias Mier

Pemain asing dengan nilai pasar tertinggi atau termahal lainnya adalah Matias Mier. Legiun asing berkewarganegaraan Uruguay yang kini membela Bhayangkara Presisi Indonesia FC ini tercatat memiliki nilai pasar 7,82 Milyar.

Musim ini merupakan musim kedua bagi Matias Mier di Bhayangkara. Musim lalu pesepakbola yang bermain di posisi gelandang tersebut mencetak 10 gol dan lima assist.

Nilai pasar Matias Mier tergolong tinggi di Liga 1 2023/2024. Namun, sebenarnya dia pernah memiliki nilai pasar hingga Rp17.38 yang terjadi pada Desember 2011.

3. Sonny Stevens

Pemain asing dengan nilai pasar tertinggi atau termahal selanjutnya adalah Sonny Stevens. Dewa United memboyong Sonny Stevens dari klub Yunani, OFI Crete dengan status free transfer. Kiper berkewarganegaraan Belanda itu saat ini tercatat memiliki nilai pasar Rp7,82 miliar.

Seperti Dimitrios Kolovos, rekan satu tumnya, Sonny Stevens juga baru kali pertama merasakan bermain di Liga 1. Musim lalu, dia dipinjamkan ke ADO Den Haag dan bermain secara reguler.

4. Nick Kuipers

Pemain asing dengan nilai pasar tertinggi atau termahal berikutnya adalah Nick Kuipers. Bek tengah asal Belanda yang saat ini memperkuat Persib Bandung sejak 15 Agustus 2019 tersebut tercatat memiliki nilai pasar Rp6,95 miliar.

Sebelum bergabung dengan skuad Maung Bandung, Nick Kuipers membela ADO Den Haag. Dia pernah memiliki nilai pasar lebih tinggi dari sekarang. Nilai pasarnya tertinggi mencapai Rp8,26 miliar yang terjadi pada 27 Desember 2019.

5. Hugo Gomes (Jaja)

Pemain asing dengan nilai pasar tertinggi atau termahal lainnya adalah Gugo Gomes yang biasa disapa Jaja. Pemain asal Brasil yang kini membela Madura United ini mempunyai nilai pasar 6,95 miliar. Perannya di lini tengah sangat penting bagi Madura United.

Dia tampil konsisten pada musim lalu. Saat itu, dia mencatatkan enam gol dari 32 laga di Liga 1 2022/2023. Sebagai gelandang bertahan, jumlah gol tersebut tergolong banyak.

6. Alexis Messidoro

Pemain asing yang memliki nilai pasar tertinggi atau termahal selanjutnya adalah Alexis Messidoro.

Bergabung pada musim 2022/2023, gelandang tengah asal Argentina ini langsung jadi otak permainan Persis Solo. Messidoro mencetak delapan gol dan sembilan assist dari 33 laga Liga 1 2022/2023 lalu.

Messidoro saat ini memiliki nilai pasar Rp6,95 miliar. Dia mendapat kontrak hingga Juni 2025 di Laskar Sambernyawa.

7. Taise Marukawa

Taise Marukawa masuk dalam daftar pemain asing dengan nilai tertinggi atau termahal. Winger asal jepang yang membela PSIS Semarang itu memiliki nilai pasar saat ini Rp6,52 miliar.

Marukawa mencatatkan tujuh gol dan assist dari 33 laga Liga 1 musim lalu.

Terdapat pemain Indonesia hasil naturalisasi yang memiliki tinggi yakni Marc Klok. Pemain naturalisasi asal Belanda yang berposisi sebagai gelandang tengah tersebut saat ini memiliki nilai pasar Rp8,26 miliar. Nilai itu di bawah harga pasar Dimitrios Kolovos.

Pemain andalan timnas Indonesia itu kini membela Persib Bandung. Sebelumnya, dia memperkuat Persija Jakarta yang merupakan lawan bebuyutan Persib Bandung.

Demikian ulasan tentang pemain asing dengan nilai pasar tertinggi atau termahal di Liga 1 2023/2024.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya