SOLOPOS.COM - Ilustrasi (indosoccer.info)

Solopos.com.SOLO–Kehadiran suporter di lapangan selalu sukses memompa semangat tim sepak bola yang didukung, berikut ulasan tentang suporter bola terbanyak di Indonesia.

Suporter memainkan peran penting dalam dunia sepakbola. Kehadiran mereka selalu dinanti tim. Tanpa kehadiran suporter di lapangan, pertandingan sepak bola terasa hambar.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Klub-klub sepak bola Indonesia memiliki suporter fanatik dan loyal. Mereka memberikan dukungan penuh kepada tim kesayangan.

Sejumlah klub memiliki klub bola terbanyak di Indonesia. Mereka menciptakan atmosfer unik di stadion dengan nyanyian, yel-yel, dan sorakan yang khas.

Atmosfer yang dipenuhi semangat dan antusiasme dari suporter dapat memengaruhi permainan dan membuat pertandingan menjadi lebih menarik.

Kehadiran suporter di tribune memberikan motivasi tambahan bagi pemain untuk menunjukkan permainan terbaik. Lantas suporter klub bola apa yang memiliki basis dukungan terbanyak di Indonesia? Berikut ulasannya.

1. The Jakmania dan cabang-cabangnya

The Jakmania adalah suporter fanatik dari klub Ibu Kota Persija Jakarta. Kelompok suporter yang didirikan pada 19 Desember 1997 ini selalu setia mendukung tim Macan Kemayoran berlaga di manapun mereka berada.

Selain di kenal fanatik, The Jak sering membuat beberapa koreo ketika mendukung tim Persija Jakarta. Itu seperti pada 2018 ketika menjamu Johor Darul Ta’zim (JDT) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di ajang Piala Asia.

Saat itu mereka membuat sebuah koreografi yang berbentuk macan dengan tulisan  Now You Can See Me. Dalam laga kandang itu mereka memecahkan rekor suporter terbanyak di Piala AFC 2018.

Anggota The Jakmania sangat banyak hingga ke penjuru Tanah Air. Berkat dukungan tanpa henti mereka, Persija Jakarta menjadi juara Liga 1 pada musim 2018 setelah mengalahkan Mitra Kukar di laga pamungkas yang berlagsung di SUGBK.

The Jakmania tercatat memiliki lebih kurang 80.000 anggota yang ber-KTA aktif dari 84 lebih wilayah. Mereka tersebar di sejumlah daerah seperti Jabodetabek, delapan biro resmi di luar Jabodetabek, dan satu biro resmi luar negeri (Tokyo, Jepang).

2. Bobotoh dan cabang-cabangnya

Suporter bola terbanyak lainnya adalah Bobotoh yang merupakan suporter tim Persib Bandung. Kesetiaan Bobotoh pun tak perlu diragukan.

Semarak yel yel yang mereka ciptakan memberikan semangat pada Persib Bandung saat berlaga.

Anggota Bobotoh tak hanya dari Bandung, tetapi tersebar di penjuru Indonesia. Bobotoh memiliki beberapa cabang suporter di antaranya Viking Persib Fans Club, Bobotoh Singapore, Flower City Casuals, dan Ultras Persib.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat Teddy Tjahjono pernah mengeklaim jumlah fan Persib Bandung mencapai 22 juta orang. Dengan jumlah sebanyak itu berarti Persib memiliki jumlah fan terbanyak, bukan hanya di Indonesia, tettapi juga di Asia.

“Dari sisi jumlah fans, Persib menjadi yang paling besar di Indonesia. Jadi data memperlihatkan kami memiliki 22 juta fan. Itu nomor satu di Asia dan nomor 23 di dunia,” ujar Teddy Tjahjono dalam channel Youtube Jebreeetmedia TV.

3. Brigada Curva Sud

Dibentuk pada 2010 silam, Brigata Curva Sud (BCS) telah dapat membuktikan keberadaannya di dunia sepak bola Tanah Air. Suporter yang setia mendukung tim kebanggannya yakni PSS Sleman juga kerap mencuri perhatian.

Mereka terkenal lewat kreativitas gerakan koreografi di tribune. Menariknya lagi, medali Inggris Copa90 menobatkan BCS jadi Ultras terbaik di Asia

4. Bonek

Bonek (Bondo Nekat) berarti bermodalkan tekad yang kuat. Mereka mendukung klub kebanggaan Persebaya Surabaya.

Bonek yang identik dengan warna hijau ini menjadi salah satu suporter sepak bola yang terkenal dengan sejumlah kegiatan sosial. Bahkan, jumlah anggotanya yang banyak bikin Bonek jadi salah satu suporter bola terbanyak di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya