SOLOPOS.COM - Pemain timnas U-23 Indonesia Pratama Arhan menunjukkan kaus bertuliskan Azizah 20-08-2023 seusai mencetak gol kedua saat melawan Turkmenistan pada laga kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/9/2023). Indonesia menang 2-0 dan lolos ke putaran final. (Instagram/timnas.indonesia).

Solopos.com, SOLOPratama Arhan mempersembahkan gol kedua timnas U-23 Indonesia yang diciptakannya ke gawang Turkmenistan untuk sang istri, Azizah Salsha, yang baru dinikahinya pada Agustus 2023 lalu.

Indonesia menundukkan Turkmenistan dengan skor 2-0 pada laga kualifikasi Piala Asia U-23 2023 di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/9/2023) malam.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Gol skuad asuhan Shin Tae-yong diciptakan Ivar Jenner pada menit ke-40 melalui tendangan keras dari luar kotak penalti. Sedangkan, gol kedua dicetak Pratama Arhan pada menit 90+3 lewat sundulan.

Selebrasi Pratama Arhan langsung menjadi sorotan publik sepak bola Tanah Air. Dia langsung membuka jersey bagian depan dan menunjukkan kaus merah bertuliskan nama istrinya, Azizah, yang di bawahnya tertera tanggal, bulan, dan tahun pernikahannya dengan putri anggota DPR Andre Rosiade itu yakni 20 Agustus 2023 (tertera 20-08-2023).

Itu menunjukkan Pratama Arhan mempersembahkan golnya itu untuk sang istri.

Selepas menciptakan gol, sorot kamera tayangan siaran langsung tertuju pada Azizah yang berdiri mengenakan jersey timnas Indonesia berwarna putih. Dia didampingi seorang perempuan sambil bertepuk tangan seolah menerima persembahan dari sang suami, Pratama Arhan.

Dengan kemenangan itu timnas U-23 Indonesia memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ini merupakan sejarah baru bagi timnas U-23 yang kali pertama berhasil menembus putara final Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda menyusul timnas senior yang lebih dulu melaju ke putaran final Piala Asia 2024.

Timnas U-23 memuncaki klasemen Grup K dengan torehan enam poin. Turkmenistan di posisi kedua dengan tiga poin hasil dari kemenangan 4-0 melawan China Taipei (Taiwan).

Sedangkan, China Taipei menjadi juru kunci tanpa memperoleh poin karena kalah di dua pertandingan. Sebelumnya, Indonesia membantai China Taipei dengan skor 9-0.

Ini juga merupakan prestasi cemerlang pelatih Shin Tae-yong. Juru taktik asal Korea Selatan itu sukses membawa timnas senior dan U-23 melenggang ke level Asia. Prestasi yang belum pernah dicapai pelatih timnas Indonesia sebelumnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ketua Umum PSSI Erick Thohir, keluar Presiden, dan pejabat lainnya yang menyaksikan secara langsung di stadion berjingkrak menyambut gol-gol Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya